From: it-rbs [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, October 06, 2004 10:03 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Cc: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [ITCENTER] ADSL di LAN

Ini kami punya pengalaman serupa perihal gangguan koneksi ASTINETMMA (kami
menggunakan layanan 512Kbps Limited untuk koneksi 23 komputer), semoga
menjadi referensi buat anda.
Satu minggu pertama awal-awal koneksi internet Broadband ini mengalami
gangguan, kemudian kami panggil petugas dari PT.Telkom (kebetulan kami
lakukan pemesanan modem dan registrasi AstinetMMA melalui orang Telkom)
untuk berdiskusi mencari jalan keluar.
Diagnosa awal kami pertama adalah trouble berasal dari modem Prolink
Hurricane 9000 1 port LAN + 1 port USB (maaf bukan promosi), dan kami dapat
pinjam pake dari petugas Telkom tersebut modem lain (AZTECH), ternyata
permasalahan belum kunjung selesai (koneksi internet selalu putus untuk 23
komputer dalam jaringan, sedangkan untuk 1 PC gak masalah).
Kemudian kami panggil teknisi dari Vendor modem Prolink, mereka merespon
cukup baik - sebagaimana respon dari petugas Telkom, bahkan kami juga
dipinjampake selama lebih dari 1 bulan, modem lain dari Prolink Indonesia
untuk mengatasi permasalahan koneksi internet ini.
Setelah kami lakukan trouble shooting sendiri dan berdiskusi dengan rekan IT
lain , ternyata permasalahan bukan berasal dari Modem ataupun jaringan
astinetMMA, tetapi berasal dari jaringan sendiri, yakni dari Sistem Operasi
yang digunakan saat itu masih menggunakan MS Windows XP Pro SP1 untuk
komputer klien. Akhirnya permasalahan dapat diselesaikan dengan cara :
1. Mengganti OS komputer klien ke OS yang lebih stabil (MS Windows 2000 Pro
SP4 atau Linux Mandrake 9.1)
2. Line telepon yang digunakan untuk koneksi ADSL harus langsung tidak
melalui PABX

Selama kurang lebih 2 bulan koneksi internet kami lancar dan tanpa gangguan,
kemudian kami lakukan simulasi penggunaan updating Windows XP di komputerr
lain, koneksi Internet pun mengalami gangguan kembali, apalagi pada saat
kami uji coba instalasi WIndows XP SP2, gangguan internet lebih parah lagi.
Akhirnya sekarang sudah lebih dari 4 bulan, koneksi internet ASTINETMMA kami
lancar digunakan lebih dari 30 komputer (bisa radio/tv streaming, download,
upload, dll).
Sebagai informasi lokasi kami berada di wilayah Telkom Jakarta Selatan dan
jaringan AstinetMMA adalah jaringan Siemens.

Demikianlah pengalaman kami, tapi kami sekarang mempunyai persoalan lain,
karena koneksi internet seluruh komputer tidak bisa dibatasi (karena dari
ADSL Model langsung ke Switch), barangkali ada SARAN bagaimana caranya
membatasi koneksi internet pake software (tanpa hardware tambahan).

Terimakasih, semoga membantu.

Almukti