On Mon, 2004-11-08 at 10:08, qsa wrote:
> Dear ITers,
> saya mau nanya nich saya punya problem dengan hampir semua kompie di
> kantor, semua monitor layarnya bergetar/goyang.
> Perlu di ketahui semua kompie tidak pakai stabilizer apakah ngaruh ke
> horizontal / vertikal monitor apakah gara-gara nggak pakai stabilizer
> makanya layar monitornya bergetar.
> Yang kedua kantor saya bersebelahan dengan mesin produksi yang
> menimbulkan getaran, apakah hal ini berpengaruh juga.

stabilizer tidak akan membantuk kalau ada getaran halus seperti ini
beberapa kemungkinan yang ada :
1. listrik di dalam jaringan anda kotor, karena banyak harmonic
distortion yang ditimbulkan dari motor motor yang berputar. Hal ini bisa
diredam dengan penggunaan line filter dan toroid core. Paling gampang,
coba dengan pasang UPS kualitas bagus, karena biasanya mereka sudah
dikasih line filter dan toroid core
2. di sekitar ruangan anda memang ada medan magnet besar yang berputar,
tapi kalo ini terjadi biasanya yang kelihatan adalah selain bergetar,
juga terjadi distorsi warna dari layar monitor, jadi ungu-hijau-merah
dibeberapa tempat. Kalau ini yang terjadi, satu satunya cara adalah
mengurung ruangan dengan sangkar Farraday atau membuat tembok berlapis
Beryllium (ati ati, beracun)