On Tue, 01 Feb 2005 08:50:01 +0700, Rini Nurul Badariah
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> saya udah ubek2 symantec semalem karena pake Mc
> Afee..penasaran..
> menurut mereka, program Ad Aware dan sejenisnya (kecuali
> yang resmi dari vendor kayak Microsoft gitu ya..)
> bohongan. mereka ngeset untuk run lagi begitu PC distart.
> pantesan didelete nggak mau, malah hang..
> akhirnya sesuai petunjuk, saya uninstall..update anti
> virus..dan langsung terdeteksilah semua yang nyelip2 di
> sistem..hiiii..
> syukurlah tokcer:)

Wah, 'ajaran sesat' nih...eh, maaf ya becanda...

Ad aware dan yang sebangsanya itu bukan boongan. Memang ada jenis
spyware tertentu yang tidak bisa langsung didelete karena pada saat
itu sedang 'dipegangi' oleh sistem. Untuk itulah biasanya pada tahap
awal tersebut muncul pemberitahuan untuk me-restart komputer supaya
bisa terhapus. Baru setelah proses restart, sebelum proses yang
'nyanto; tadi dijalankan oleh sistem si Ad-aware ini jalan untuk
menyelesaikan/menghapus spyware yang bandel tadi.

Soal efektif nggak-nya anti spyware dalam mengenali spyware tentu juga
tergantung dari updatenya.