Sumbang saran,

stablizer, untuk MENSTABILKAN tegangan (klo ketinggian dia nurunin,
klo kerendahan dia naikin) >> seharusnya! tapi sekarang di pasaran beredar
stabilizer yang cuma bisa nahan dengan toleransi 10%.
Palingan stabilizer yang bagus bisa nahan hingga toleransi 33%.

UPS, tenaga DARURAT saat PLN mati. kebanyakan UPS yang ada di pasaran dah
include rangkaian
stablizer di dalamnya.

1. PLN --> Stabilizer --> UPS --> PC.
2. PLN --> UPS --> Stabilizer --> PC.

klo yang no.1
kelebihan : jikalau PLN naik-turun, diminimalisir sama stabilizer kemudian
diminimalisir lagi sama UPS-nya
kekurangan : UPS memerlukan daya yang cukup besar, sehingga diperlukan
stabilizer dengan pasokan daya yang besar juga.

klo yang no.2
kelebihan : tidak memerlukan stabilizer dengan daya besar.
kekurangan : saat PLN naik turun, yang kehantam pertama kali adalah UPS-nya,
dan cukup riskan

Pilihan saya jatuh pada no.1 !

Aa Yoga
Cah Elektro Asli angkatan songo wolu, kuliah ning yogya biyen.