At 14:38 +0700 2/4/05, asus77x wrote:

>Kalau mau dibandingin, ya pasti gak ada yg mau ngalah.  Semuanya pasti
>mengatakan kalau email server masing2 tuch yg lebih ok.  Tapi lebih dari
>sekedar perbandingan, yang pasti kehandalan email server tergantung dari yg
>planning, deploy and administering. Coba aja Tanya ke orang2 yg pernah nyoba
>macem2 email server, pasti akan dipake yg bisa sesuai dengan kebutuhan
>company dan yg jelas lebih sesuai dengan adminnya.

seperti yang saya sudah tulis, saya sendiri tidak menjagokan
exchange, hanya menginformasikan fakta yang saya alami sendiri. toh
tempat saya sendiri sudah nggak pake exchange, bukan karena "lambat"
seperti yang diklaim oleh orang yang ternyata gak tahu apa exchange
itu sebenarnya, tapi karena fasilitas seabrek yang ada di exchange
(yang oleh orang yang sama dibilang kosmetiknya waria) tidak secara
efektif digunakan, jadi tidak terjustifikasi biaya lisensi yang
dikeluarkan.

yang jadi problem di sini sebenarnya bukan exchange-nya, tapi orang
yang sudah termakan FUD tentang exchange itu sendiri dan percaya
membabi-buta terhadap FUD tersebut. kalau orang yang sama bilang dia
punya pengalaman soal antrian mail di tempat yang ternyata pakai
exchange, ya bisa saja terjadi, wong saya pakai:

- MTA kantor sudah ganti qmail
- MTA centrin, jelas bukan exchange
- MTA neocyber, jelas bukan exchange

masih terjadi queue juga kok. mail jam 9 pagi diterima jam 6 sore,
apalagi dari milis, itu sangat sering terjadi. kalau mau membutakan
diri bahwa yang salah itu MTA-nya, silakan, padahal saya lihat sih
lebih ke bandwidth tempat tujuannya.

--
I solemnly swear that I'm up to no good
http://data.startrek.or.id