Dear  t r o y,
Jika ingin merakit sendiri komputer untuk server yang perlu diperhatikan
adalah kestabilan dan performance hardware tersebut. Karena server branded
pun belum tentu stabil, bisa saja terjadi defect (kesalahan produksi dari
pabrik) walaupun kemungkinannya kecil dan spec-nya juga sama seperti
komputer rakitan yang komponennya bisa dibeli bebas bedanya seperti yang
kamu bilang hanya pada support.

5 Komponen yang perlu diperhatikan adalah:

1. Processor
Processor Pentium lebih stabil daripada AMD meski AMD kecepatannya bisa
lebih tinggi dari      Pentium pada kelas yg sama. Disini kita mencari
kestabilan, Pentium IV 2.4 GHz dengan Cache L2-nya  512 Mb sudah cukup untuk
server.

2. Motherboard
Motherboard lebih baik pilih dari merk yang sudah terkenal kehandalannya.
Motherboard dengan chipset intel menurut saya lebih stabil, yang penting FSB
motherboard disesuaikan dengan FSB Processor.

3. Memory
Memory juga lebih baik pilih dari merk yang sudah terkenal kehandalannya dan
kapasitasnya disesuaikan dengan kebutuhan System operasi dan aplikasi yang
akan dibutuhkan nantinya apalagi kalau kamu menggunakan system operasi
windows yang rakus source memory belum lagi aplikasi server lainnya. Menurut
saya memory DDR 1 Gb sudah memadai.

4. Harddisk
Hardisk dengan RPM (Rotation per Minute) yang tinggi misalnya 7200 RPM
performancenya dibandingkan dengan RPM yang lebih rendah misalnya 5400 RPM
dan Serial ATA lebih baik jika dibandingkan dengan ATA.
Hardisk untuk saya adalah komponen yang paling sensitif dan vital karena
kita tidak bisa memastikan kapan akan terjadi sesuatu pada hardisk sementara
didalamnya banyak terdapat data-data pekerjaan penting dan kita juga tidak
bisa memastikan merk apa yang paling handal karena pengalaman dan pendapat
setiap orang dengan hardisk tentu berbeda. Saran saya belilah dua hardisk
dengan ukuran medium dibanding dengan satu hardisk berukuran besar, karena
kita bisa melakukan backup ataupun mirror dan jika terjadi sesuatu hal pada
hardisk yang satu kita masih memiliki data pada hardisk yang lain. Lebih
baik mencegah daripada mengobati, bukan?

5. Casing
Casing sebaiknya dipilih yang ukuran medium dengan system pendinginan yang
baik. Sebab kalau terlalu kecil tidak bagus untuk system pendinginan, tidak
ada ruang untuk sirkulasi udara di dalam casing dan kalau terlalu besar
nanti dikira lemari :-).

Saya hanya memberikan gambaran dan garis besar saja, kamu bisa memilih
sendiri komponen-komponen tersebut yang beredar di pasaran. Memang agak
memusingkan untuk memilih server yang cocok dan handal terutama bagi yang
awam, belum lagi jika dibahas secara detil.
Supaya kamu tidak bingung dan pusing kamu bisa saja memilih untuk membeli
komputer branded tetapi kamu tidak akan pernah belajar dan tidak pernah tahu
apalagi jika terjadi trouble dari sisi hardware yang perlu ditangani secara
cepat.

Regards,

MARTIN B.
081316238022