Halo ITCENTER,

saya mau tanya tentang Cluster di Win2003.

Saat ini saya memakai 2 Server, 2 SAN Switch dan 1 SAN Storage dengan
multipath configuration.
Di 2 Server sudah diinstall win2003 dan saya sudah menguikuti langkah-
langkah yang dianjurkan di guide yagn ada di web microsoft.com.
2 Server tersebut bisa access ke share storage ( sebelum di install
cluster service ) dgn 1 node off dan 1 lagi off untuk verify ke share
storage.
Network sudah di set, 2 untuk LAN dan 2 untuk Heartbeat, dan semuanya
tidak ada masalah.
Untuk partisi di share saya bikin 2 partisi, 1 untuk Quorum ( Drive
q: ) dan 1 lagi untuk Data ( Drive E: ).
Ketika ingin mengaktifkan / menginstall cluster di node 1 , dengan
share storage On, dan cluster service berjalan , hanya pada stage
analyze, ada tanda seru yang menyatakan "skipping the drive
letter ...bla..bla", namun berjalan dengan baik dan cluster node 1
bisa jalan servicenya.
KEmudian lanjut untuk add cluster node 2 di cluster, dengan Server
node 2 on dan add cluster node dari server cluster node 1.
namun pada analyze ada "tanda pentung" lagi yang menyatakan kalau
cluster node 2 tidak dapat access ke quorum ( drive q: ),
mungkin hal ini disebabkan karena memang cluster share storage, hanya
1 node yagn dapat access ke quorum.
Setelah itu cluster node 2 dapat di tambahkan, di cluster service.
Cluster Group dapat di kenal di 2 node dan ownership dari cluster
group dapat di move dan fail back.
Namun kenapa pada saat tambah resource baru Network Name, IP Address,
Physical Disk E: and File Share, kemudian membuat folder di E:/new
folder ,
Folder itu tidak dapat di lihat di cluster Node 2 , padahal ownership
sudah di miliki oleh cluster Node 2.
Jadi seolah-olah, folder dan file yang didalamnya, tidak dapat di
access oleh node 2.

Mohon pencerahannya donk, saya sampai pusing nih...smoga ada rekan
ITCENTER yang bisa membantu.

Terima kasih,

geto