beberapa hari lalu, temen saya yang kini hampir selesai merampungkan
tesis ph.d. nya nelpon saya, dan berharap dapat membantu masalah yang
dia alami. sistem operasi win xp yang digunakan rusak, akibatnya
mengalami restart berkali-kali (belum sampai masuk windows) tatkala
dibooting. saya coba untuk mengambil pilihan safe mode, tapi tetap
saja restart lagi. dia hanya minta tolong agar datanya di driver d:
bisa terselamatkan karena disitu semua adalah data-data tesis yg
disave. "kiamat deh kalo gak bisa diselametin!", begitu katanya.

saya booting dari dos, dan lakukan fdisk melihat partisi yg ada
(point 4), ternyata partisi masih ada dg kapasitas hd 20 gb, di
primary partisi ada 1 7.5gb dan sisanya di extended partisi.
Sayangnya tidak ada logical partisi.

saya lakukan create logical partisi kemudian, restart dan kembali
booting dari dos. kok drive d: tetap gak bisa dibuka? kenapa ya?

saya meyakini, selama hardisk masih terdeteck oleh bios, apalagi
masih bisa kelihatan partisinya, maka kemungkinan untuk direcovery
masih ada. saya kini masih belum tahu aja cara yg jitu dg tool apa ya?

terima kasih atas bantuan yg diberikan.

Ahmad Faiq Mujtabaa
Knowledge Management Postgrad Student.