"Fansul" <[EMAIL PROTECTED]> wrote :

> Saya baca di infolinux bulan juli RHEL katanya sich free download, yang
> bayar
> support dan updatenya saja.
>

> --
> Best regards,
> Fansul
> mailto:[EMAIL PROTECTED]

Free download sih boleh aja, tapi itu hanya trial selama 30 hari aja.
Ini saya kasih link download RHEL :
http://www.redhat.com/software/rhel/eval/

Setelah km pakai lebih dr 30 hari maka akan expired.
Klo km mau cek harga RHEL masuk ke link ini :
http://www.redhat.com/software/rhel/compare/server/

Waktu beberapa bulan yg lalu di Jakarta pernah ada seminar
launching RHEL ini. Klo perusahaan pakai RHEL ini, lisensi
client akses ke server RHEL max. 5000 computer klo kaga salah.
Itu sudah termasuk harga RHEL yg waktu itu $1600, klo harga
sekarang sudah turun menjadi $1500 untuk Standart Edition.

Pokoknya, saya hitung2 sih secara keseluruhan klo perusahaan
memakai server dgn OS RHEL ini serta client semuanya memakai
Fedora Core versi 4 (free of charge untuk company) atau
Mandriva LE 2005 (Mandrake 10.2) atau ubuntu total harga yg
harus dibayarkan lebih murah dibandingkan memakai OS
Windows server 2003 serta client Windows XP Pro. Trus, enaknya
dapat bisa dapat update & security patch secara live update lewat
internet. Sudah gitu dapat dukungan technical support selama 24 jam.

Sudah banyak koq company di Jakarta yg memakai OS Linux sbg
server dan client, salah satunya yg saya tahu adalah United Tractor
yg berlokasi di Cakung, Jl. Raya Bekasi Jkt Timur. Perusahaan
sebesar UT aja sudah beralih menggunakan Linux semenjak
diberlakukannya UU Hak Cipta (HAKI) bulan Juli 2003 yg lalu.
Hal itu bisa menekan cost cukup significan, dibandingkan memakai
OS Windows Server 2003 serta Windows XP Pro.

Salam,

Wiempy

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com