On 6/30/05, Wiempy <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Maksud saya bukan aneh, sory waktu itu salah ketik, maklum pas
> lagi balas email mendadak dikasih kerjaan, jadi kurang konsen.
> Jadi gini loch maksudnya, virus yg pertama kali keluar memang
> ditujukan untuk UNIX, tapi seiring dgn keluarnya Windows,
> virus yg diciptakan untuk Windows malah lebih banyak, hal ini
> karena Windows merupakan OS yg paling banyak digunakan
> di seluruh dunia, jadi banyak virusnya,

deduksinya nggak salah kok. tapi ada faktor mendasar yang lain, yaitu
soal security. windows dari awal tidak didesain dengan memperhatikan
faktor keamanan, kebanyakan single user itu login dengan level
administrator, sehingga segala rupa virus bisa dengan mudah menyebar
karena virusnya sendiri sudah masuk level admin. user yang  loginnya
bukan level admin juga masih dipersulit oleh keanehan windows itu
sendiri, yaitu aplikasi banyak yang tidak bisa di-install kalau bukan
level admin, atau sudah di-install di level admin tapi gak bisa dipake
di level user. akibatnya pada potong kompas sekalian level admin terus
menerus. ini tidak terjadi di *nix/*bsd/mac os x.

katanya sih hal ini akan diubah di windows longhorn, tapi longhorn-nya
sendiri gak muncul2, hehe.

> trus klo saya tdk salah,
> saya pernah buka situs yg membahas bug dlm source code
> Wndows, dimana dari jutaan baris program Windows, banyak
> terdapat bug yg mempengaruhi keamanan Windows itu sendiri.
> Sedangkan di OS UNIX bug dlm source code yg dibuat oleh
> programmer lebih sedikit dibandingkan bug pd Windows.

hehe, ini terus terang ngawur. jumlah bug-nya relatif sama aja. yang
membedakan adalah source code windows hanya bisa dilihat oleh orang
microsoft sendiri kalau ingin melakukan perbaikan, sementara untuk
free open source software yang bisa melihat itu semua orang, dan tiap
orang bisa menyumbang perbaikan kalau ada yang bisa diperbaiki.

kalau pengen tahu jumlah "bug", ikutan milis bugtraq deh. tiap hari
bakalan dapet info bug dari berbagai macam OS.

--
I solemnly swear that I'm up to no good
http://data.startrek.or.id

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com