On 7/2/05, Wiempy <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya baca di www.detikinet.com klo Microsoft akan melakukan pemutihan
> software Windows bajakan yg saat ini banyak terinstall di instansi
> pemerintah.

detik kok dipercaya. baru juga beberapa hari yang lalu mereka menulis
pemerintah akan mensubsidi per warnet $3400, eh sekarang nulis bakal
dibelikan lisensi seharga $1 atau $2. selisih 3398 dollar itu bukan
angka yang kecil lho.

> Isunya sih untuk lisensi satu buah Windows seharga $1, tapi itu sih kayanya
> gak mungkin. Hal ini mencuat karena pertemuan Presiden SBY dgn
> Bill Gates di Redmond, USA bulan Mei 2005 yg lalu. Jadi, pemikiran saya

itu sih usulan yang muncul saat meeting IGOS antara menristek,
kominfo, perwakilan AWARI dan pengelola warnet.

> sih soal hal spt itu begini loh, Microsoft pasti berusaha memberi harga
> lisensi
> Windows semurah mungkin dgn syarat Windows bajakan yg banyak
> terinstall di instansi pemerintah saat ini diganti dgn Windows yg
> ber-lisensi
> dimana Microsoft memberikan harga diskon semurah mungkin. CMIIW.

saya sungguh nggak mengerti jalan pikiran anda.
kalau memang benar microsoft memberikan harga $1-$2, kenapa harus pake
syarat seperti "mengganti" windows segala? bukankah otomatis pasti
akan dibeli karena memang sudah _murah_?

> Ooops, maksud saya bukan mengusulkan Microsoft memberi potongan
> harga yg murah untuk Universitas,dll. Tapi menurut saya hal tsb tdk bisa
> dicegah oleh pihak Universitas apabila Microsoft memberi sumbangan
> Windows secara gratis atau diberi potongan harga. Lah wong diberi secara
> gratis, siapa sih org di dunia ini yg gak mau diberi sesuatu/barang scr
> gratis.

anda bisa konsisten nggak? yang anda maksud itu apa? lihat dua
paragraf yang anda tulis di atas. coba dipikirkan lagi apa maksud anda
sebenarnya.

> Saya aja jelas mau klo diberi Windows & Office scr gratis. Nah, begitulah
> strategi Microsoft dimana memberi lisensi Windows & Office scr gratis
> terlebih dahulu kpd pihak Universitas (dlm jumlah terbatas), sesudah itu
> maka jika pihak Universitas sdh kecanduan dgn Windows, maka mereka
> disuruh membayar lisensi Windows.

anda bisa kasih bukti microsoft memberikan gratis kepada universitas?
sepanjang yang saya tahu microsoft memberikan harga khusus untuk
institusi pendidikan, bukan gratis.

> Memang aplikasi buatan Sun Microsystem seperti Star Office 7 lebih murah
> dibandingkan dgn MS Office, dimana untuk Star Office 7 klo saya tdk salah
> harganya antara $70-$80, sedangkan untuk MS Office XP atau
> MS Office 2003 harga lisensi OEM untuk versi small business (cuma ada
> Word, Excel, PowerPoint, Publisher) harganya lebih dari $200. Fitur2 yg ada
> di Star Office 7 hampir sama bagusnya serta gak kalah lengkap dgn

jadi ngapain dong gembar-gembor "open source"? orang indonesia dan
pemerintahan saat ini kebanyakan sudah salah kaprah, menganggap open
source = free (gratis). seharusnya istilah yang dipakai adalah
perangkat lunak bebas.

> MS Office. Begitu juga dgn aplikasi JAVA buatan Sun yg saat ini masih
> unggul (dlm arti lebih banyak org yg pakai) dibandingkan aplikasi
> Microsoft C# (C Sharp) buatan Microsoft. CMIIW, game2 3D yg beredar
> di pasaran saat ini kebanyakan dibuat menggunakan program C++ yg
> merupakan basic program JAVA (klo anda menguasai C++, pasti gak
> begitu sulit untuk belajar JAVA). Untung saja masih ada Sun & IBM yg

saya nggak ngerti arah pembicaraan anda. anda memberi contoh game 3D,
sementara di paragraf yang sama anda bicara java. jauh lebih simpel
anda ngomong untuk rapid application development java itu unggul, kalo
udah ngomong 3D, apa benar orang bikin game 3D pake platform java?

> [...]
> sedikit bagi komunitas pengembang Open Source untuk membuat software
> Open Source lebih berkembang & menjadi powerful. Klo tdk ada satupun
> perusahaan Software di dunia ini peduli sama Open Source, bisa2 monopoli
> produk2 Microsoft semakin merajalela di seluruh dunia. Dan dampak yg bisa
> kita rasakan, kita gak ada kebebasan memilih apakah akan menggunakan
> software ber-lisensi atau menggunakan software Open Source.
> Ingat, gak semua software Open Source itu gratis. Sebelom meng-install
> software Open Source pastikan terlebih dahulu membaca EULA.

maaf, anda belum paham apa yang anda omongkan di atas. anda menulis
seolah software BERLISENSI itu beda dengan software open source.
sekarang coba anda pikirkan, kalau memang anggapan anda open source
itu tidak berlisensi, apa yang menghalangi perusahaan software semacam
microsoft untuk mengambil source code open source lalu mematenkan
software tersebut sehingga tidak bisa dipergunakan secara bebas lagi
oleh orang lain? kalau anda sudah bisa memahami apa itu lisensi, maka
anda tahu software open source pun punya lisensi.

> Baru saja hari ini saya baca berita mengenai IGOS di www.detikinet.com
> Ternyata masih mempunyai nafas (dlm arti gak tenggelam) untuk scr kolektif
> membantu warnet dgn mengeluarkan program Warung IGOS. Beberapa
> hari yg lalu saya baru saja menginstall Fedora Core 4 di kompie kantor.

ok, apa hubungan warung IGOS dengan fedora core 4?

> Hebatnya, klo anda mencolokkan USB Flash Disk ke USB Port, maka
> akan langsung terbuka file yg ada di Flash Disk tsb. Jadi gak usah repot2
> di-mount terlebih dahulu seperti yg terjadi di Fedora Core 1. Trus tampilan

itu namanya "auto-mount". udah ada sejak dulu untuk cd drive. sekarang
dengan kemampuan hot-plug di kernel yang baru dikombinasikan dengan
automount, ya itu hasilnya seperti yang anda tulis di atas.

> [...]
> Linux sbg Server & Workstation). Mas Dani Firmansyah telah
> membuktikan kepada Pihak KPU yg waktu Pemilu dgn sombong
> menyatakan bahwa sistem TI di KPU yg bernilai ratusan milyar sangat
> secure & gak mungkin ditembus hacker. Hanya dgn menggunakan SQL
> Injection, dgn mudahnya Mas Dani menyusup ke dalam komputer
> server yg dimiliki KPU. Untung saja Mas Dani cuma menyusupkan
> gambar Partai Nanas (klo tdk salah) & tdk berbuat yg laennya. Klo
> Mas Dani misalnya merubah data2 surat suara yg ada di server KPU,
> waduhhhh bisa2 hajatan Pemilu tsb bisa kacau balau.

soal sangat secure, mungkin KPU salah. tapi soal membuat proses pemilu
menjadi transparan, itu sangat berhasil. dan FYI saja, awal mula
budget TI KPU adalah 1.3 trilyun. berkat tim TI KPU kemarin ini yang
bisa memangkas sehingga tinggal 1/7-nya. anda bayar pajak? punya NPWP?
kalau iya, berarti uang pembayaran pajak anda sudah berhasil
diselamatkan sedikit oleh tim TI KPU.

--
I solemnly swear that I'm up to no good
http://data.startrek.or.id

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com