On Thu, 2005-07-21 at 22:06 +0700, Wiempy wrote:

> Cuma mengandalkan Wikipedia dlm menjelaskan perbedaan
> antara Unix dan Linux, itu sih anak SD juga tau koq.
> Keponakan saya aja yg anak SD sring buka situs Wikipedia yg dlm
> bahasa Indonesia. Coba pakai pengetahuan & pengalaman anda
> dlm memakai Unix dan Linux, bukan cuma memberi link trus
> ke Wikipedia.

1. lha yang postingnya si penanya minta artikel gitu kok, kalo dikasih
artikel apa salah? Jangan model posting anda dah, ada orang nanya A,
dijawabnya B,C,D,E, dst, biar panjang tapi gak nyambung. Saya yang baru
4-5 hari saja ikut lagi milis ini sudah merasa ada keanehan di posting
anda dan beberapa member lain saya lihat ada juga yang komentar hal yang
sama.

2. Saya kebetulan sempat baca posting anda soal grc.com, itu hari
pertama saya baca posting di ITCENTER ini, dan "terpesona" dengan
keyakinan anda yang ternyata salah dalam mengartikan artikel dan
kemudian mengakui tidak membacanya dengan serius. Nah lebih baik mana,
mengutip artikel tapi betul, atau mengutip artikel tapi salah arti dan
menyebarkan tafsiran salah itu kemana mana?

>  Ingat, org menjadi pintar bukan hanya sring membaca
> teori doank dari situs Wikipedia, tapi teori tsb dijadikan praktek
> dan diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Saya kagumi semangat anda yang berapi api dalam menuliskan pengalaman
anda, dan memang benar kalo teori tanpa praktek itu belum tentu valid.
Tapi apakah semua orang itu baru dianggap sah mengetahui suatu hal kalau
dia sudah menciptakan, membuat dan menggunakan sesuatu? Gak cukup umur
manusia kalo setiap orang kudu bisa mempraktekkan semua kecerdasan
manusia sejak berubah dari monyet yang bisa berdiri di 2 kaki.

Ada yang namanya knowledge passing, dan itu dilakukan dengan proses
pencatatan baik dalam bentuk sejarah, dongeng, buku, encyclopedia, dan
bentuk bentuk media lainnya, termasuk dongeng Kuntilanak dan Hantu
Pocong.

Jadi apa salahnya mengutip sesuatu dari referensi, asalkan kutipannya
itu benar, menjawab pertanyaan dengan tepat, dan bermanfaat kepada si
penerima?

Daripada mengutip tapi salah dan ketika dikoreksi malah melebar kemana
mana omongannya? Ada kok contoh yang baik sekali dari member Jonny
Hidajat. Tadinya berpendapat PowerPC G4 itu 64-bit, dengan menyertakan
referensi, tapi ketika member lain membuktikan bahwa referensi itu benar
tapi dari sudut lain, dan salah ketika diaplikasikan ke masalah yang
dibahas, beliau admitting the wrong reasoning. Simple and gentleman kan?
Dan knowledge baru YANG BENAR pun akan tersebar ke member mailing list
yang lain.

> Klo anda cuma bisa menerangkan tanpa pernah merasakan sendiri
> menggunakan Linux sbg DNS Server, Mail Server, Web Server, dll
> lebih baik anda bilang ke org di milis ini klo anda dapat informasi
> tsb dari Wikipedia. Klo anda cuma mengutip saja dari Wikipedia,
> saya juga dapat melakukannya.

Then, why do not you? Selama ini kutipan yang benar dan tepat menjawab
pertanyaan si penanya, kenapa tidak?

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com