"Mpu Gondrong" <[EMAIL PROTECTED]> wrote :

> Seringkali saya dengar ungkapan user itu tidak bisa dipercaya, jadi
> harus dikontrol dgn ketat. Saya cenderung kurang setuju. User memang
> harus diberdayakan agar mereka juga bertanggungjawab. Prg yg (kurang
> lebih) buruk dibantu user yg mengerti tugas mereka, hasilnya bisa
> menjadi baik.
>
> Ngomongin FoxPro, di kantor saya juga masih banyak prg berbasis
> Clipper. Nyatanya ya lancar2 saja. Ada masalah? Ya wajar2 saja.

Iya juga sih, memang suka ada beberapa user yg tdk bisa dipercaya.
Tapi, soal masalah kompie harus di-shutdown ketika mereka pulang
semua user sdh melakukannya dgn baik, cuma ada beberapa user
yg kadang lupa mematikan UPS.

> Kadang2 anda terlihat sangat sentimentil. :-) Menceritakan pengalaman
> anda sih oke2 saja, asal tidak menjadi kampanye negatif thd suatu
> pihak (spt kecenderungan bbrp waktu lalu). Siapa menebar angin akan
> menuai badai, kata pepatah.

Klo menurut km, saya menceritakan kampanye negatif thd suatu pihak
tertentu, itu tdk sepenuhnya benar. Padahal saya nulis pengalaman saya tsb
tdk ada maksud menjelek-jelekkan suatu produk atau melebih-lebihkan
produk laennya. Saya bicara berdasarkan fakta yg ada di lapangan.
Yg kaga saya suka, terkadang ada vendor besar software (km pasti
tau deh apa yg saya maksud) dlm mengeluarkan produk software tsb
melakukan benchmark atau perbandingan dgn produk laen dimana
vendor tsb dlm melakukan benchmark menyuruh pihak yg tdk
independent (dlm arti lebih condong mendukung vendor tsb). Jadi, jelas
saja produk software yg mereka keluarkan kinerjanya jauh lebih unggul
dibandingkan produk kompetitor. Memang sih itu merupakan strategi
pasar untuk menggaet konsumen lebih banyak, tapi itu menurut saya
tdk fair / jujur. Lama kelamaan, kasus monopoli vendor tsb dlm dunia
software akan tdk terbendung. Nah ini dia, dlm dunia bisnis software,
menurut saya gak boleh ada kasus monopoli. Dimana suatu vendor
software menggunakan cara yg tdk halal dlm menyisihkan para
pesaing berat mereka.

> Untuk fasilitas yg mendekati Oracle, yg versi Open Source bisa dicoba
> Firebird atau Postgresql. Saya memakai Firebird lumayan puas.

Thx atas sarannya. Mungkin suatu saat nanti saya akan mencoba Firebird.
Berhubung saat ini lagi mencoba PostgreSQL.

Salam,

Wiempy

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com