On Monday, July 25, 2005, 5:28:58 AM, Rayhan Chadhiena wrote:

> Ada beberapa kasus & hal yang gw mo tanya ma rekan² semua...
> 1. Dulu gw kerja di konsultan IT (sekarang nganggur), sempet bikin
>    program kecil² pake software developer lisensi konsultan (bukan
>    lisensi gw), legalkah kalo software² hasil bikinan gw ini di
>    publish FREELY?

Tergantung bagaimana anda mengatur perjanjiannya dengan perusahaan
konsultan tersebut. tapi sejauh yang saya tau, hal itu gak
diperbolehkan. Meskipun anda adalah author atas software tersebut
namun copyright holder biasanya dalam hal ini dipegang oleh perusahaan
yang mempekerjakan anda, dalam hal ini otomatis karya yang anda buat
sudah menjadi hak atas perusahaan yang membayar anda.

> 2. Ada runtime Map Object untuk GIS yang dipake salah satu aplikasi,
>    gw ga nemuin readme tentang agreementnya, pas instalasi cuma ada
>    progress install tanpa ada tampilan apa² mengenai license dsb.
>    Legal ga kalo gw publish?

Sebaiknya anda buka lagi legal agreement di MAP Object-nya, runtime
library ada yang didistribusikan tanpa informasi ini dan ada yang
menyertakannya. Namun yang jelas informasi atas itu biasanya
disebutkan dalam legal agreement yang menyertai aplikasi utamanya.
Hanya sejauh yang saya tau, jika anda memiliki aplikasi utamanya
secara legal, maka runtime librarynya bisa anda redistribusikan juga
sepanjang terkait dengan aplikasi/object yang dikembangkan dengan
menggunakan aplikasi utamanya. Sama seperti halnya dengan runtime
library aplikasi ROBOHELP yang mengijinkan anda meredistribusikan
runtime library jika anda punya lisensi ROBOHELP, ataupun MSDE jika
anda memiliki lisensi MS OFFICE/SQLServer.

Tapi tentu saja, sebaiknya dicari dulu informasi ini atau ditanyakan
secara langsung ke vendornya sebelum anda mempublishnya di situs
pribadi anda.

> 3. Gw punya lumayan banyak data peta GIS format ESRI dengan
>    ketelitian yang lumayan lengkap yang gw dapet dari banyak &
>    macem² sumber, ada yang lengkap, ada yang gw isi
>    sendiri(ber-bulan² bro...). Legalkah kalo data GIS ini gw publish
>    FREELY?

Jika file-file tersebut adalah buatan anda dan terlepas dari unsur
perusahaan dimana anda bekerja, maka saya yakin anda berhak saja
mempublishnya.

-Jaimy Azle
|| Personal Weblogs: http://jaim.log.web.id ||
|| Personal Delphi Weblogs: http://delphi.log.web.id ||
* Pengantar Pemrograman Database C/S, Delphi dan Firebird
    http://delphi.log.web.id/blogs/delphi/000152.html

“You make a lot of money by moving from number two to number one.”
      -- Larry Ellison, CEO Oracle Corp.

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com