Yup, betul spt mas albert katakan...sekedar nambahkan saja..
factor 0.65 atau 0.67 yg biasanya disebut power factor itu harus
diperhitungkan juga untuk pemilihan VA UPS dari merk2 yg ada.
biasanya kita 'tertipu' atas informasi UPS yg tidak lengkap adanya, tidak
mencantumkan factor powernya berapa....atau memang sengaja tidak
dicantumkan? yg pasti jangan berburuk sangka..tapi kita yg harus tetap
waspada hehhehe..kayak SERGAP di RCTI...

banyak peralatan eletrik yg kenyataannya berbeda antara VA dan actual power
(Watts) walaupun memang tipis atau cenderung diabaikan, cuma untuk peralatan
computer akan berbeda antar VA dan actual powernya dan berselisih cenderung
besar dan penting (spt peralatan computer yaitu UPS), dan seharusnya tetap
diperhatikan dan merupakan hal yg penting juga...terutama untuk pemilihan
pertama dalam pembelian UPS dan 'harus' dilihat power factornya juga, cuma
kutipan aja dari artikel yg udah aku kumpulkan - sambil belajar bahasa
inggris sedikit2..

In a study done by PC Magazine, it was found that typical personal computer
systems exhibit a power factor of .65 which means
that the apparent power (VA) was 50% larger than the actual power (Watts)!

jjs sore di milis :)

salam,
Erwin Bayu