On Tue, 2005-08-02 at 17:06 +0700, jeffry wrote:
> wADUH rahasia nih ceritanya? hehe. just curious, kira2 kerjaan model apa
> yang bisa kayak gitu. kalo sejauh yang saya tahu cuma programmer lepas yang
> kurang lebih seperti itu. kalo jadi multimedia developer lepas bisa g yah?
> tapi kalo freelance yang mao bayarin internet siapa juga

lho saya gak rahasia rahasia kok
Memang kerjaan saya tuh tukang reparasi komputer dan jual kecap. Hanya
orde komputernya saja yang bukan kelas PC, tapi kelas yg lebih gede.

Apa yang saya lakukan ke client saya ya persis apa yang saya lakukan di
milis ini. Client bertanya, saya menjawab. Client punya barang rusak,
saya datang perbaiki. Client kepingin beli sesuatu, saya tawarin kecap
yang enak.

Job-nya sama, hanya untuk kelas mission critical environment,
entitlement, liability dan responsibility-nya saja yang berbeda. Dan
yang jelas saya dibayar untuk itu, jadi setiap omongan dan waktu yang
diperlukan untuk riset, diperhitungkan. Setiap posting, di
dokumentasikan.

Mungkin di Indonesia, karena hanyalah negara "user", bukan
"manufacturer" apalagi "researcher", orang kalo sudah jadi middle rank
engineer, karir berikutnya adalah people manager, divisional manager dan
mungkin stop di country director. Setidaknya karir teknisnya mungkin
berhenti sesudah kerja 8-10 tahun.

Tapi kalo anda ada di regional, bisa jadi anda punya karir vertikal dan
tetap sebagai engineer.

Kalo di headquarter, bisa jadi CTO ataupun technical head-honcho macam
Bill Joy, Steve Jobs, Wozniak, dll.