untuk pencerahan saja...

Di kantor saya juga memakai citrix untuk menjalankan
sistem. Yang berpengaruh sekali dalam hal speed adalah
:
1. Infrastruktur ( dial up / leased line )
2. Bandwith / traffict.
4. Server
5. Aplikasi

Coba anda cek speed koneksinya, jika speednya lebih
dari 500ms... berarti itu sebabnya... karena di kantor
saya speed koneksinya rata2 20ms... itupun user kami
masi ada yang merasa lambat.

DAri segi server, saya kira udah cukup. Mungkin yang
harus di lihat NIC dan Harddsik. NIC diperlukan karena
transaksi akan banyak yang konek, klo bisa yang
sizenya gigabyte. Dan untuk Harddisk, usahakan
menggunakan harddisk SCSI.

DAri segi Aplikasi, secara basic Citrix melakukan
proses secara bergilir ( antrian ).. karena satu
aplikasi untuk update data sekaligus dalam jumlah
banyak ( tergantung banyaknya user yang konek ). Jika
orang pertama belum selesai transaksinya, maka orang
kedua akan lama prosesnya ( berjalan tapi lambat
)sampe proses orang pertama selesai.
Jadi semakin banyak user yang akses aplikasi, maka
proses juga akan lama. DAn ini akan mengakibatkan CPU
proses menjadi tinggi dan lambat ( coba cek CPU
performance ).

Demikianlah info dari saya, semoga berguna.

http://mail.yahoo.com