-----Original Message-----
From: ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf
Of yanuar_ind
Sent: Monday, October 17, 2005 11:43 AM
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: [ITCENTER] setting modem..

Dear Friends,
Gmana sih cara setting modem yang bener biar kecepatannya koneksinya bs
maksimal? saya pake telkomnet instan,nah yang jadi masalah kecepatan
koneksinya paling tinggi koq cuma 24 kbps yaa,padahal harusnya bs nyampe 56
kbps. Malah kalo lg sibuk speednya drop sampe 12 kbps!
Saya pake modem Dial-up 3com US.Robotics 56k message modem,trus saya setting
biar bs nerima and ngirim fax jg pake WinFax for XP. Spec komputer saya
Pentium 3 800 mhz,RAM 128,XP Service Pack 2. Saya juga sudah install
software Modem Wizard (katanya sih bs ningkatin kecepatan koneksi modem
dial-up) tapi koq gak ngefek yaa??
Mohon bantuannya...
Thanks anyway! ^^

Yanuar Indrayanto
***********
Modem bukan satu-satunya parameter untuk memaksimalkan koneksi Internet.
Masih banyak pendukung lainnya yang dibutuhkan. Ada yang dapat anda
kendalikan, dan ada yang tidak.

Yang dapat anda kendalikan:
1. Pastikan komputer anda bebas virus dan spyware. Dua hal ini dapat
mengirim/menerima data, tanpa anda sadari, dan tentu memperlambat akses
Internet
2. Pastikan kualitas line telepon anda baik. Kalau tidak bersih/suara
kresek-kresek, tentu mempengaruhi akses Internet juga.

Yang tidak dapat anda kendalikan:
1. Bandwith Telkomnet instan. Yang konek ke Internet via Telkomnet instan
itu bukan hanya anda, dan tidak mungkin Telkom memberikan full 56kbps pada
jam sibuk. Mungkin kalau anda konek jam 2-4 pagi, hasilnya berbeda. Jika
perbandingan jumlah pengguna dan bandwidth yang disediakan tidak seimbang,
ini juga berpengaruh pada koneksi.

2. Modem pool yang digunakan oleh Telkomnetinstan. Mungkin saja di beberapa
daerah, Telkom masih menggunakan modem pool lama, yang maksimal hanya mampu
33kbps. Kalau hal ini memang benar, walaupun anda pakai modem 56kbps, tentu
maksimal hanya 33kbps.

Untuk memastikan apakah ini masalah di Telkomnet atau di komputer anda atau
di jaringan telepon, anda bisa coba cari kartu pra-bayar dari ISP lain.
Beberapa ISP seperti CBN, Centrin dan Indosat, menjual kartu pra-bayar.
ISP-ISP ini menggunakan nomor dial-up nasional, dan biasanya nomor ini sudah
mengcover hampir seluruh kota di Indonesia. Anda bisa bandingkan apakah
koneksi via ISP lebih cepat dibandingkan via Telkomnetinstan.

BTW. Software modem wizard itu dibuang saja. Windows XP sudah ngga butuh
software-software seperti itu, buang-buang resource komputer saja, apalagi
RAM anda hanya 128MB.

Salam
Albert