kalau saya sih mikir simple aja, bagaimana kalau kita pindah aja
toh sekarang kan banyak alternatif selain telkom.
 karena menurut saya sekarang tuh telkom bukan perusahaan telelkomunikasi
lagi,tapi lebih ke
perusahaan marketing jasa komunikasi,sehingga timbul biaya tinggi yg selama
ini kita nikmati.
coba bayangkan, semua komputer server yg ada di telkom bukan di kelola oleh
telkom,tapi orang
luar,jadi telkom hanya sewa aja, beban nya lari ke kita(user).
 kalau kita ingin bersatu,mudah aja kok
misalnya untuk internet,bisa pake konsep RT/RW net yg didalamnya di sisipi
dengan voip dsb.
sehingga timbul MAN/WAN dan nanti nya di gabung beberapa MAN/WAN dengan
menyewa line
dedicated atau bangun sendiri secara patungan, dengan tenaga dari dalam
(indonesia yg kreatif)
pastinya biayanya gak akan semahal bayar orang luar.
 sehingga perusahan yg besar,yg banyak di sumpah gak akan ada lagi
pegawai telkom gak dapet dosa,kita juga gak nyumpah serapah, semua dapet
pahala,mati masuk sorga.
bereskan