> O ya,
> Tarif esia enggak normal kalo sesama esia, yang normal tarif telkom
kalo
> sesama telkom, kalo telkom ke operator lain tarifnya juga enggak
normal,
> begitu kah?

===== Pada dasarnya tarif semuanya itu normal Pak (local charge).
Cuman, namanya juga persaingan, harus ada promosi. Caranya adalah
dengan mempermurah tarif. Pada kasus ESIA, tarif yang dimurahkan
adalah sesama ESIA. Kenapa bisa murah? Sederhana saja, kalo panggilan
sesama ESIA itu tidak perlu ada biaya interkoneksi (anggap suatu LAN
internal). Hal sebaliknya berlaku, yaitu ada biaya interkoneksi untuk
panggilan ke operator lain (walaupun sesama Flexi). Jadi yang bisa
dimurahkan hanya panggilan ke satu operator.

Untuk menggampangkan, tarif disama ratakan sebagai tarif lokal (sudah
memasukkan komponen interkoneksi). Tapi tetap ada celah untuk promosi
mempermurah tarif... caranya adalah dengan membuang biaya interkoneksi
untuk panggilan satu operator. Jadilah tarif panggilan antar ESIA bisa
murah.

Kalo tidak salah, group Indosat, tepatnya StarOne juga memberlakukan
tarif murah ke jaringan GSM-nya (Matrix/Mentari). Kenapa bisa begitu?
Alasannya kurang lebih sama seperti ESIA tadi.

Itu yang saya tau. Kalo ada info yang salah, tolong koreksi.
Thanks.

Sincerely,
Jimmy Auw.