>  Setahu saya format suara untuk DVD adalah 48 MHz dan 16 Bit.

===== 48 kHz, bukan MHz.
Betul itu adalah format audio standar DVD.

> Saya membaca di internet baiknya bit-depth itu dinaikkan misalnya ke
32 Bit,
> terus nantinya dikonversi ke bit-dept 16 bit untuk memperkecil
noise-nya.
> Apakah memang benar?

===== Antara betul dan tidak. Susah dijelaskan secara singkat, karena
akan membutuhkan pengertian teknik up/re/oversampling/dithering dan
juga pengertian akan titik potong frekuensi/crossover dan hukum
Nyquist akan efek dari penggunaan sampling yang terlalu ketat dengan
batas atas frekuensi yang ingin disampling. Jelas teknik2 ini enggak
akan bisa dimengerti dalam waktu singkat. Ada banyak buku dan tutorial
yang bagus. Saya rekomendasikan salah satunya adalah Mastering Audio
karangan Bob Katz (ke Amazon.com deh kalo mau beli).

Tapi manfaat yang didapat kadang tidak signifikan. Penggunaan bitrate
dan sampling tinggi akan berefek pada ukuran file yang luar bisa besar
(dan butuh huge amount of resources). Kalo memang punya resource yang
besar sih basicnya no problem. Ambil aja bitrate/sampling terbesar
yang hardware Anda mampu (biasanya sih 24 bit 192 kHz), lalu abis itu
baru di-dithering lagi ke 16/48. Harusnya lebih bagus daripada
langsung di take di 16/48.

> Ada saran lain untuk mengambil suara lomba karaoke via Line in di
kompie,
> supaya hasilnya bagus?

===== Sound card dulu lah yang utama... gimana caranya mau ngebut kalo
mesin mobilnya aja uda jelas enggak mendukung gitu loh hehehe... kalo
uda ada, baru sempurnakan teknik dengan software dan praktek yang
tepat.

Sincerely,
Jimmy Auw.