Gimana kalo subjectnya diganti jadi:
"Bagaimana tips dan trik bagi orang dengan background skill IT untuk melamar
kerja di perusahaan2 ?" atau "Berbagai tips dan trik pembuatan CV bagi orang
IT untuk melamar kerja". Kayaknya sih jadi lebih berguna buat semuanya.
Mungkin ada rekan2 ITers yang punya contoh CV / surat lamaran bagus atau
trik atau tips baru yang bisa di share?

Kalau saya, sebelum kirim lamaran biasanya survey dulu di net atau cari info
dari mana aja tentang perusahaannya, trus buat lamaran yang kira-kira bisa
pas dan mengena begitu dibaca. Kalau mengacu saran dari Pak Albert, saya
mencoba untuk lolos di 2 menit pertama tersebut atau masuk di 2% minoritas
itu. Tapi kalau perusahaannya ngga ada data dan hanya mencamtumkan PO BOX
aja, saya coba buat yang generic tapi tetap menonjolkan selling point.

Maksud saya, ngapain juga saya kirim CV berhalaman2 kalo ngga tau juga mana
yang perlu dibidik, tapi kan ngga lucu juga kalo semua perusahaan
disama-ratain. So ya mesti ada trik/tipsnya lah sedikit2 biar minimal bisa
dipanggil
wawancara. Masalah nanti diterima atau ditolak itu urusan nanti, tapi kalo
kita bisa dipanggil berarti aplikasi lamaran kita setidaknya sudah dibaca
mereka dengan seksama.

Cuma itu semua di atas kan baru usul dari saya, dan mungkin masih jauh dari
sempurna. Saya hanya berharap semoga ada yang mau menambahi/mengkoreksi,
biar para calon pelamar khususnya dari kalangan IT bisa dapet penilaian
bagus
dari calon majikan di seleksi2 berikutnya.

Ngomong2, saya juga mau bikin surat lamaran kerja. Mungkin ada yang bisa
kasih masukan?

arya