> halo, mau tanya ...
> gimana ya cara kalibrasi monitor lcd?
> saya sudah pake adobe gamma untuk kalibrasi, tapi kenapa kontras monitor
> diharuskan maximum ya? setelah saya kalibrasi, kok sepertinya kontrasnya
> terlalu terang....
> apa ada software kalibrasi (gratis ;p) yang bagus atau direkomendasi?

===== Proses kalibrasi yang benar tidak bisa via software doank Pak.
Mengapa? Karena untuk "membaca" output dari layar monitor kita butuh alat
lagi (tidak bisa dengan mata).

Kalo berminat serius (keperluan percetakan/desain grafis), saya sarankan
pake perangkat Spyder atau keluaran GretagMacBeth. Harganya berkisar US$
300. Lupa pastinya, tapi sekitaran segitu.

Thanks.

Sincerely,
Jimmy Auw.