On 2/16/06, Mario <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pengalaman ada server semisal proliant ml350, ditempat saya tuh. Kalau
> ngak
> pakai UPS jenis tertentu dia memang langsung restart.
> Coba cek, kalau bisa beli UPS untuk server yang jenis online. Mungkin yang
> menyebabkan mati tuh karena ada jedanya 4 ms itu.
> Atau juga kemampuan misal 500 VA, diembat ke 450 Watt.
> 500 VA itu idealnya 500 Watt. Tapi karena adanya power faktor jadilah
> tidak
> penuh 500 Watt.
>
> Semoga membantu.

Temen-temen....

Saya setuju dengan salah satu pendapat temen kita yang mengatakan; kalau
listrik mati semua aktivitas mesin/ komputer/ server  di kantor akan mati
dan semua server kudu di matikan pula tindakan itu tidak masalah. Hal ini
berlaku JIKA Server kantor tersebut tidak terkoneksi dengan Daerah Regional
Office (kantor cabang) atau dengan kata lain kantor tersebut mempunyai
network yang berdiri sendiri.
Adapun Prosedure mematikan server adalah:

   1. Matikan server yang tidak berhubungan dengan server yang tidak
   berhubungan dengan database.
   2. Server Database
   3. Terakhir Domain Controller.
   4. Untuk menghidupkan kembali jika listrik sudah menyala: Server yang
   harus menyala pertama kali adalah server Domain Controller dan diikuti
   Server Database baru server lainnya.

Namun
Jika kantor yang mati listrik tersebut adalah Head Office (kantor pusat)
dimana Server terkoneksi dengan kantor-kantor cabang tentu akan menimbulkan
masalah koneksi jika semua server di matikan.
Adapun Server yang harus tetap menyala adalah:

   1. Domain Controller (menjaga supaya network tetap terkoneksi dan
   untuk replicate system/ data antar server pusat ke cabang)
   2. DataBase Server (Untuk menjaga data tetap bisa di update di Server
   database)
   3. Perangkat hardware Komunikasi seperti Cisco, Router dll.

Server tersebut harus tetap menyala bagaimanapun caranya.. "mungkin inilah
yang menjadi tantangan lain bagi admin".... selain berkutat dengan system
juga harus memutar otak supaya server tetap running dalam keadaann mati
lampu...., Jika mampu mengatasi problem tersebut tentu akan ada nilai PLUS
dari perusahaan....

Salam, 354
BenQ