At 17:08 20/02/2006, you wrote:

>===== Keperluannya buat processing sound alias untuk studio class
>(mixing, recording, etc)? atau cuman untuk asal rekam saja?

Intinya sih saya butuh output yg maksimal dari file sound yg di play
dengan asumsi itu, dalam bayangan saya sih harus Studio Class
walaupun nantinya output  sound tersebut masuk lagi ke mixing hw  lagi.
asumsi gampangnya, klo saya play MP3 pakai winamp
soundcard apa yg bisa mengeluarkan suara maksimal ...
*aduhh .. awam banget yak bahasanya :))

>Budget  berapa?

klo udah liat data di bawah sih maks 5 jtan

>Asumsi saya Anad mau serius untuk profesional, ada proses recording,
>editing, dan mixing (bukan sekedar rekam dari tape untuk diedit di PC)
>.
>
>Kalo mau start untuk basic, coba ESI Juli@ (1.4 jutaan). Enggak ada
>yang bisa ngalahin price/performance yang satu ini deh.
>
>Kalo mau naik kelas, coba ECHO (MIA, Gina, Layla), EMU, ESI ESP1010
>(I/O banyak, quality di bawah ECHO), harga 2-4 jutaan.

Produk ESI & ECHO ada dealernya di Indonesia ?

>Hindari pengunaan sound card kelas consumer (semua jenis onboard,
>termasuk juga off board macam Creative Audigy dan semua seri consumer-
>nya). Semua card jenis ini asli jelek (jelek in terms of its quality
>ya). Kalo fans berat Creative, silakan lirik seri EMU-nya... yang
>jelas, jangan liat seri Audigy-nya.
>
>Saya sendiri pake ESI Juli@ (best value card deh) dan EMU1820M.

EMU1820M ini produknya Creative yah

anyway, ESI Juli@ vs EMU1820M  mana yg paling Ok ?

trus satu lagi, mana yg paling mudah di dapat di pasaran Indonesia ?