"indra gunawan" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ingatkah anda disaat masih Bodoh dan belum sepintar
> sekarang...?
> Coba dong bagi yang sudah merasa sudah diatas...coba
> lihat kebawah..lihat
> orang2 yang membutuhkan....Agar anda bisa mensyukuri
> apa yang anda miliki
> saat ini dan jangan selalu melihat keatas sehingga
> anda menganggap rendah
> yang di bawah...
>
> PAHAM..?

Wpy:
Klo untuk belajar bagi kalangan pelajar dan mahasiswa
yg dananya untuk beli software atau ebook legal sangat
terbatas, saya rasa boleh2 saja untuk sementara memakai
software bajakan dan ebook illegal sebagai bahan referensi
ilmu pengetahuan. Ilmu itu harganya mahal, apalagi di
Indonesia dimana daya beli masyarakat ekonomi menengah
ke bawah sangat minim.

Klo sudah menjadi org sukses dan berhasil dlm karier, segera
tinggalkan semua hal yg berbau bajakan. Apa gak malu klo
ada org laen menilai diri kita sebagai kaum intelektual, tapi
masih senang pakai software bajakan atau ebook illegal.
Sedangkan penghasilan kita sebulan mencapai 1000 US Dollar
lebih, masa sich gak mampu beli software original dan ebook
legal dari internet atau dari reseller.

Jangan suka menghakimi org laen dgn menuduh doyan memakai
software bajakan atau ebook illegal. Kita lihat dulu diri kita
masing2 dahulu sebelum kita sukses dan masih merangkak
dari bawah sebagai seorg staff biasa. Apa kita dulu juga memakai
software bajakan dan ebook illegal untuk dipakai belajar ilmu
komputer. Klo kita merasa dulu pernah memakai software bajakan
dan ebook illegal demi ilmu pengetahuan dlm bidang komputer,
jangan merasa bangga klo saat ini kita telah memakai software yg
orginal. Ilmu yg kita dapat sekarang ini sehingga bisa sampai sukses
sebagian besar berasal dari software bajakan tsb dan ebook illegal.

Memangnya pada saat kita dulu kuliah dan baru mulai kerja, sanggup
beli software original dan ebook legal yg harganya lumayan mahal
untuk kantong org Indonesia. Saya rasa semua member di milis
ITCENTER ini pernah menggunakan software dan ebook illegal.
Gak usah malu mengakui klo kita pernah memakai software dan
ebook illegal demi ilmu yg akan kita raih.

Sekian komentar saya mengenai ebook illegal, mohon maaf jika
ada kata2 yg tidak berkenan.

Salam,

Wiempy