Ryo Saeba wrote:

> lha jadinya dual smtp dong? udah jauh beda dengan maksud pertanyaan
> anda yang pertama?

Sebenernya masksud saya (tujuannya) yang pertama sama kok, mungkin saya
yang njelasinnya aja yg kurang/nggak jelas.

jadi kasusnya tuh begini, Saya bikin mailserver dengan Ms. exchange2003
dengan antivirus dan antispam serta exclaimer, nah ada beberapa client
yang mempunyai email dengan smtp sendiri, misal gmail, yahoo.co.uk.
cbn.net.id dll
nah jika dia menggunakan smtp dari gmail, dan yahoo.co.uk, maka
exclaimer dan restrict yang saya pasang di smtp Ms. exchange saya, jadi
tidak berlaku (karena mereka menggunakan smtp dari domain masing2
[cbn.net.id, gmail.com, yahoo.co.uk dll])
Nah dipertanyaan awal saya, bagaimana "memaksa" si client agar
menggunakan smtp network saya (ms.exchange tadi) dan tidak bisa
menggunakan smtp laen?

Nah jika di blok outgoing connection di port 25, sedangkan smtp
yahoo.co.uk pake port 25, cbn.net.id pake port 25, apakah port 25 smtp
ms.exchange saya juga terblok? klo terblok, berarti tdk bisa send email
dong?

Kira2 begitu mas ;-)

Mohon pencerahannya

--