--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Agung B Santosa" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear rekan rekan,
>
> terima kasih atas Info dan masukannya. Teman saya kebetulan pagi ini
> terbang ke jakarta untuk urusan bisnis. Pagi tadi sebelum berangkat
> notebooknya sih ok ok saja, bahkan sempat dipakai main internet di
> lounge bandara asal (jogja). Ketika sampai di cengkareng tasnya di
> tabrak troli porter bandara (tau khan gimana kerja porter?). Nah
> Laptopnya sih utuh, tapi ketika di booting muncul:
>
> read disk error
> press Ctrl+Alt+del to restart
>
> dan data gak bisa ke baca, padahal banyak data penting, sekarang dia
> [...]

Dugaan saya, bener bener dugaan murni, ketika ditabrak, kondisi mesin
tidak totally off, tapi suspend dan disk masih spinning, jadi disk
rusak. Kalau beginipun, Sony tidak akan bisa menolong, haruslah ke
orang yang spesialisasi data recovery, karena masalahnya data oriented.

Tapi kalo koneksi antara disk dengan boardnya yang longgar atau rusak
karena guncangan, nah ini baru bisa dilakukan Sony.

Saran saya, kudu dicoba dulu diambil disknya, kemudian dengan
converter 2.5 to 3.5 inch IDE, dihubungkan ke mesin desktop untuk
dicoba dibaca langsung.