From: ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Alta
Veganep
Sent: Tuesday, June 06, 2006 10:23 AM
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: RE: [ITCENTER] Bagaimana ngukur bandwith internet kita

Coba minta tool MRTG dari providernya, tool tsb bisa melihat statistik up/down
stream b/w kita

setahu saya klu CIR 1:32 (ini frame relay atau vpn yaa?) berarti minimal b/w yg
digaransi adalah 512/32, Cuma 16 Kbps, dan maksimalnya yaa 512 kbps tadi

klu vpn 1:32 berarti 512 ini disharing dgn 31 user lainnya (32 dgn bapak
punya), artinya b/w bisa full klu backbone lagi kosong ( cm kapan kosongnya ini
yg tdk pernah di infokan)

dan kalau nggak salah lagi lho (coba ditanyakan lagi deh, b/w nya flat 512 atau
up to 512) yg namanya ADSL khan kependekan dari ASYMETRIC Digital Subscriber
Line, bukan SDSL alias SYMETRIC (flat/fixed)

yg namanya unlimited itu khan utk volume bukan utk b/w, istilahnya dgn b/w up
to 512 tadi volume yg didownstream kan boleh bebas mo lebih dari 1GByte, klu yg
unlimited volume nya terbatas, lebih dari yg distandarin kita kena charge lagi
brp Rp/ MByte  misalnya