Maaf Pak kalo suka nyerocos... Punten ;->
Pertama...bapak mesti tentukan dulu...mo beli Desktop Computer (yang di
rumah biasa itu lho)/ Mobile Computer (Laptop yang bisa dibawa2)
OK kalo beli Desktop...pilihan prosesor ada Intel Pentium 4/Celeron dan AMD
Athlon64/Sempron...ada lagi beberapa yang hadir di pasaran tapi yaa
kebanyakan orang si ngebandingken 2 ini...
Intel Pentium 4 dan AMD Athlon64 (AFAIK) itu ditujukan buat pengguna kompie
yang memerlukan performa yang lebih tinggi...sedangkan Celeron dan Sempron
performa-nya tidak terlalu bisa diharapkan...(bukan berarti lemot yah...tapi
kalo emang pengen performa tinggi misal untuk Graphic Design apalagi 3D,
Gaming, dlsb jelas2 saya menyarankan pake P4 ato Athlon64...lebih powerful)
Ada yang mengatakan bahwa sementara ini AMD masih memegang prestasi proses
Computing tercepat...tapi (maaf) teknologi khan ga berhenti disini...;->
Untuk Laptop bisa pilih P4 M (mobile) = P4 yang sudah di desain sedemikian
rupa sehingga dapat digunakan di kompie mobile - memperhitungkan daya tahan
baterai dlsb-
Centrino (AFAIK) kalo ndak salah penyempurnaan dari P4 mobile ini yang
banyak mengintegrasikan sistem telekomunikasi (jaringan) di dalamnya (CMIIW
Please)...

>ksh tau gw spec comp yg oke plus harganya..
>btl ga sih lbh murah rakitan??
Pak masalah murah dan mahal itu tergantung masing2 individu loh...relatif
sekali...ada yang bilang kalo 20 - 30 jt untuk satu kompie desktop masih
murah kok...ga bo'ong deh ;->...tapi ya itu tadi...siapa ni yang
ngomongnya...??? ;->
Kalo harga mungkin saya nggak bisa memastikan pak...soalnya belum jelas
budget dan penggunaannya untuk apa...lalu masalah harga software sangat
dapat membebani seseorang dalam pembelian komputer...(sekarang ada Linux
si...tapi (maaf) saya sampai sekarang pun masih belum dapat menggunakan
Linux - ikut milis ini juga biar bisa dikit2 siy tadinya... ;->)

Tapi saya coba buatkan spek rakitan desktop yang menurut saya 'cukup' enak
dipake (masih mahal siy kayaknya menurut saya)
Prosesor:               P4 2.8 GHz (LGA) ato AMD Athlon64 (939)
Motherboard:    Epox 5NVA+SLI u/ Intel (murah tapi powerful...katanya mah
bagus) ato DFI SLI Infinity u/ AMD Athlon64 (cukup murah u/ mobo sekelasnya)
VGA card:               Nvidia seri 7300 ato ATI Radeon X1300...lumayanlah buat
ngoprek2
gambar 2D mah...
Memory:         512MB DDR2 (u/ Intel) ato 512MB DDR (u/AMD) kalo rencana pake
windows...bentar lagi ada Vista yang minimum RAM 512MB...kalo gitu berarti
memori-nya (RAM) harus di tambah lagi tuch...
HD:                     80 GB SATA II (u/ versi intel) ato SATA (u/ versi AMD)
kebetulan u/
AMD mobo diatas belum mendukung SATAII kalo ndak salah.
CD/DVD ROM:             Kalo mo CDRW pilih LiteON...gila ga ada matinye...kalo
DVDRW
katanya siy pilih Pioneer...tp belum tw siy saya juga...???
FDD:                    Kalo gw dah ga gitu percaya lagi ma yang namanya
"floppy disk
drive"...sorry...kalo emang harus beli pilih Panasonic...katanya siy
bandel....
Monitor:                17" Flat...(Philips yang saya pake sekarang di kantor
enak dipake
ni tapi...up2u deh)
Casing:         U/ spek ini minimal pake Simbadda yang 400W lho...sukur2 ada
yang
450 W...ato casing yg agak murah aja...tapi PSU nya ganti yang rada
bagus...min 400W pure power...(tanya deh ke toko pasti pada tau)
Printer:                Canon tipe inkjet bisa ditetes sendiri tintanya...ato
HP yang pas
beli cartridge pasti ganti head...(lebih awet pastinya)...suntik mah suntik
aja...nti kalo jebol head paling tinggal ganti cartridge he...he...he...kalo
mo hasil cetak bagus orang2 bilang Epson ga ada matinya...makanya banyak
Epson di "Infus"...
Pake UPS yach...600VA juga cukup...
Jangan lupa Stabilizernya... ;->
Modem:          Bergantung jenis koneksi yang mo dipake...???
Nah spek diatas kalo nanya harga di Mangdu ato ditoko2 kebanyakan biasanya
si dikasi "software"-nya sekalian...tapi yaa gitu deh...Ingat!!!! Membajak
berarti Mencuri.... ;->
Rakitan memang bakal jauh lebih murah apabila menggunakan bajakannya
Mic***** ato pake Linux yang gratisssss....
Untuk masalah ISP...sementara di rumah masih pake Tel****** instan...lumayan
lah kalo emang bisa begadang siy...ambil aja waktu yang kira2 sedikit
penggunanya... ;-> Kalo u/ ADSL si no comment...katanya banyak
kasus...cenderung lebih milih Wireless...bayar pertama 1 juta...per bulan
200rb bebassss...ampe belek2 deh...coba diliat di diginet.com kalo ndak
salah apa digi.net yah...he...he...he... lupa...soalnya bilang siy udah lama
tapi belum diACC ma ortu (My BIGBOSS)
Wah pertanyaannya dikit tapi jawabannya segudang...sori ya...
Kalo emang lebih suka yang all-in ama software ga bajakan...kata para
prensss siy pilih Mac aja...u/ Mac ini ada yang lebih ahli euy...saya cuman
tau permukaannya doank...(Gimana Om Ryo bantu Mr. Happy ini yah).... ;->
For All IT'ers please CMIIW
Best Regards
Newbie in IT