On Tue, 20 Jun 2006, derakulo wrote:
> dedicated,  saya ingin meremote comp yg dikantor(o/s w2003 server)
> yang terhubung  dengan gateway tsb. Maunya saya menggunakan pcanywhere
> 11 untuk  remotenya , saya sudah coba remote tp kok tetep ngak bisa
> ya, Kira2  settingnya gimana ?
>
> kalo pake iptables ada disini;
>
> http://linux-ip.net/html/nat-dnat.html
>
> tinggal sesuaikan saja kebutuhannya misalkan remote-nya listen di port
> 3389(default rdp) ya tinggal di set saja di gw-nya
>
> goodluck

Menurut saya agak riskan jika kita mempublish internal server kita di
internet (dengan teknik diatas). Yang sering saya lakukan adalah dengan
teknik ssh-tunnel. Idenya adalah kita login ke linux gateway via ssh, lalu
melalui koneksi ssh ini, kita melakukan tunneling ke server internal yang
ingin kita remote. cara ini relatif aman karena semua traffic ter-encrypt
via ssh connection dan server tidak terpublish di internet.

caranya:
0. Aktifkan remote desktop/ terminal service / di server yang hendak
diremote.
1. download dan install (dikomputer client) ssh-tunnel (freeware) dari
   http://www.rs4u.com/
2. setelah install, buka tool-> config
 - di bagian "tunnel definition" masukkan username, password serta IP
 address linux anda
 - di bagian "Port Forward Definition" masukkan
Listen address=127.0.0.1
Listen port=3389
Forward Address=IP address Server yang ingin diremote.
Forward Port=3389

3. Klik edit untuk commit change, lalu start tunneling.
4. Buka terminal client anda lalu arahkan ke localhost (127.0.0.1)
otomatis layar yang terbuka adalah remote server anda.

Kalau mau pakai VNC atau s/w lainnya, sesuaikan configurasi port yang
digunakan.

-ech-
http://ech.blogspot.com