Steph wrote:

> Iya untuk kelas SOHO pak.
> Mahal juga yang bapak pakai ya he 3x.

Mahal? Saya pikir murah untuk 16port. DLink saja lebih mahal dari itu.
Anda perlu 8 atau 16 port?
Harga 16 port itu bukan dua kalinya 8 port.
8 port cuman butuh 64 matrix point
16 port butuh 256 matrix point
8 port paling sekitar US$90

> Terimakasih buat masukannya.
> Boleh juga kebetulan Routernya dah pakai Linksys, suka hangky tornando
> seperti routernya juga nggak ya he 3x

Hanky Tornando saya tidak kenal.
Tapi kalau anda maksud adalah hang, itu karena firmware router Linksys
melakukan connection tracking selama 5 hari. Kalau load terlalu banyak,
karena P2P downloadn atau digunakan untuk support banyak user, tracker
ini akan overload dan membuat router menjadi deadlock.
Solusinya gampang, kalau pakai WRT54Gx yg pakai Linux, tinggal flash
saja firmwarenya pakai firmware Open Source. Saya sendiri pakai DD-WRT
firmware.
Kalau pakai WRT54Gv5 yg sudah migrate ke VxWorks, tracker ini dihilangkan.