On 8/4/06, FRF <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  Mungkin bisa sharing info aplikasi CRM yang free/gratisan.

http://harry.sufehmi.com/archives/2005-12-31-1082/

Open Source CRM

Hari ini saya mengevaluasi berbagai CRM Open Source untuk salah satu
client. Di luar dugaan saya, ada banyak kejutan yang saya temukan:

1. Compiere kini sudah bisa menggunakan database PostgreSQL. (dulu
hanya bisa menggunakan Oracle)

2. Ada banyak software CRM dan ERP yang open source, dan kualitas
mereka sudah jauh lebih bagus dibandingkan terakhir kali saya memantau
bidang ini.

3. Yang terbaik (YMMV) adalah … vTiger CRM dan SugarCRM.
Satu kelebihan vTiger CRM adalah menyediakan modul untuk customer,
sehingga customer service bisa nyaris 100% dipindahkan ke Internet.

Cukup mengesankan, CRM dengan kualitas setara bisa berharga ribuan
dolar, namun kita bsia dapatkan cuma-cuma.

Catatan tambahan:
client saya tertarik dengan SFA (Sales Force Automation) yang mobile,
dengan memanfaatkan PDA. Setelah saya periksa, hanya SugarCRM
Professional yang bisa menghasilkan output khusus untuk PDA, sehingga
aksesnya bisa lebih cepat. Namun, SugarCRM Professional harganya
mencapai ribuan dolar.
Alternatifnya, bisa menggunakan solusi dari Software on Sail boats,
kelihatannya mereka banyak mendapat rekomendasi karena kualitasnya.
Dan harganya pun sangat terjangkau.

Kini, tidak ada alasan lagi untuk memberikan customer service yang
buruk, karena sudah banyak CRM berkualitas dan free yang dapat
membantu Anda untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan Anda.

--
I solemnly swear that I'm up to no good, http://data.startrek.or.id
things left unsaid, http://ryosaeba.wordpress.com