Dear all,

Baru-baru ini saya mendapatkan tugas dari bos saya dan terus terang
saya sudah hampir stress setting exchange.

Permintaannya adalah sebagai berikut :

1. Bos saya mempunyai notebook dan dia sering ke luar kota. Selama
ini memang dia menggunakan POP3 untuk mengambil emailnya. Tetapi
sekarang dia mau supaya contact, task, notes serta calendar juga
terupdate di notebook dia (tentunya Inbox). Maksudnya adalah
synchronize antara mailbox server dengan notebook berikut dengan
contact, task, notes dan calendar.
2. Pada saat mau send/receive dia tinggal menggunakan line public
(internet) entah mau di café, di jalanan, termasuk di lebanon
mungkin. Dia bisa synchronize antara server dengan outlook di
notebook seperti layaknya menggunakan exchange di jaringan kantor.

Spesifikasi yang dimiliki :

1. Saat ini karena saya sedang pusing saya pikir saya mau coba
menggunakan 1 Server Exchange Back-End dengan 1 single server
scenario tanpa front end dulu.
2. Topologi jaringan adalah sbb : Internet / client Internet ->
Firewall <-> Exchange Server <-> Client LAN
3. Server menggunakan Exchange 2003 Service Pack 2.

Informasi yang baru-baru ini saya peroleh adalah bahwa untuk
mengatasi solusi di atas adalah menggunakan RPC over HTTP. Yang jadi
pertanyaan saya adalah :

1. Bagaimana step by step untuk setup RPC over HTTP ?
2. Port apa saja yang harus dibuka di firewall ? Apa hanya HTTP 80 /
HTTPS 443 saja yang harus dibuka ?

Saya mohon pencerahannya, anggap saja saya newbie karena terus terang
saya buta tentang Exchange….

Terima kasih…

Best Regards,

Johanes Gunawan