Monitor LCD merk Philips punya saya di kantor juga hanya
mengijinkan untuk merubah Screen Refresh Rate sampe
75 Hertz saja, lebih dari itu gak bisa dan tdk ada pilihannya.
Oh iya saya pakai Monitor LCD yg 15 inci.
Klo monitor CRT Philips Semi-Flat merk Philips yg dipake
di komp client max. Screen Refresh Rate bisa mencapai
85 Hertz dan hampir semua komp dgn monitor CRT
Philips tsb saya set dgn Refresh Rate 85 Hertz. Ada juga
yg beberapa saya set cuma 75 Hertz.

Klo mau mata nyaman, coba gunakan kamera digital atau
camera HP dan arahkan ke arah monitor CRT atau LCD
tsb. Klo hasilnya gak ada garis2 yg naik turun di Refresh
Rate 75 Hertz misalnya, berarti dgn Refresh Rate tsb bikin
mata nyaman dan gak cepat lelah. Atau diambil saja yg
garis2nya yg paling sedikit yg muncul di layar HP atau
di display kamera digital. Hal ini mempengaruhi tingkat
kenyamanan mata kita. Dicoba saja dulu memakai Refresh
Rate mulai dari 60 Hertz sampe 85 Hertz, dan lihat hasilnya
di layar HP dan display kamera digital. Klo gak ada satu
garispun yg naik turun atau cuma ada sedikit saja garis2
yg naik turun, berarti dgn Refresh Rate tsb mata kita akan
nyaman dan gak cepat lelah ketika seharian penuh berada
di depan komp.

Salam,
Wiempy