--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Ryo Saeba" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ini ngomongin igos yang pake java desktop buatan sun ya?
>
> saya cuma bisa cerita kalo pakai open office. untuk presentasi itu
> pakai yang namanya impress, ini bisa baca format powerpoint, tapi
> nggak 100% bisa dikonversi dengan sempurna, kadang ada format yang
> hilang. lalu relatif lambat untuk jumlah memori yang sama, misalnya
> sama2 256 MB, di impress akan terasa lebih lamban. beda kalo udah
> sama2 2 GB, relatif sama cepat (cuma kayaknya beruntung banget bisa
> dapet desktop kantor dengan memori 2 GB kalo cuma buat office doang).\

Saya kebetulan jarang otak atik presentasi, seringnya lebih ke
spreadsheet.
MS Office ketika buka Excel kosong, cuman butuh pertambahan RAM 30MB
Open Office 2.x dan Star Office 8, makan RAM 138MB.

Jadi memang kalau mau hemat duit pakai license Star/Open Office, mau
gak mau hardware kudu diperbesar ke paling tidak 1GB RAM.
Seperti Ryo bilang, kebanyakan pengadaan dari vendor di Indonesia,
masih mengandalkan pada kelas RAM 256 MB :(
Begitu vendor pakai pengadaan dengan price list 1GB, mereka kena sikat
oleh vendor lain yg lebih murah. Hal ini mungkin terjadi karena banyak
pembeli yang cuman baca requirement Windows XP, 256MB. Just that :(