gini bro ceritanya...moga2 bermanfaat
  1. tiap power suply punya daya tertentu dengan toleransi tertentu
juga...(baca di dokumentasi power suply).
  2. tiap Fan punya DC motor sbg penggeraknya. DC motor ni terdiri dari
gulungan2 kabel. Gulungan kabel ini ada yg dinamin STATOR ada jg yg ROTOR.
  3. tiap fan juga punya kebutuhan buat menggerakkan buat eksitasi GGLnya
(power driver). eksitasi nih digunain buat ngerakkin  stick fan ..so..u
musti/kudu/wajib/fardhu dan harus ngitung kebutuhan daya buat CPU yg u punya
(ex: u itung daya MB,monitor suplynya diambil dr PS, dll). u bisa itung lewat
penjumlahan biasa aja..sesuai dengan spec yg dikasih ma vendor (biasanya ada
kok  labelnya).
  4. kalo u gak mau ganti FAN...saran gw...lo bisa pake circuit eksternal
ngontrol tu FAN.
  6. cuman..gw punya saran..ganti aja buru2...dari pada nanti jadi PANDEMI (flu
burung kali ya)..soale induksinya udah gak stabil lg.

  konsekuensi/impact buat fan buat yg nyoba plug in fan secara serampangan
tanpa bisa men synchronize kapasitas daya input yg bisa diterima fan dengan
daya output power suply ssalah satunya adalah:
  1. EDDY CURRENT di gulungan rotor and statur....kalo udah kayak gini biasanya
gak panjang umur ntu FAN.
  2. nyetrum distribusi...hehehehe...maksud gue..nyetrum jadi nyebar kemana2.
chasis, meja dll..yg jelas distributed deh..
  3. kalo udah kayak gitu...pake aja kabel yg 3 phasa...(ground, null, ionic)
  4. kalo gak mempan jg...ganti poer suplynya..
  5. kalo misalnya masih nyetrum jg...ganti trafo yg ada di power suply or
stabilizer..
  6. kalo masih gak mempan juga!!!!...panggil instalatir buat nginstal ulang
electric wiring di rumah..
  7. terus terang...gw gak tahu lg kalo udah panggil instalatir masih
nyetrum..tp gw punya saran ....lapor ke KANTOR PLN terdekat...hehehehe...
  kalo mao gulung ulang..or ganti baru.

  OK bro...moga2 nambah ilmu and pengetahuan...PLZ, keep be HUMBLE..sHARE with
OTHERS...withot compensation&commercialization.LETS move forward.

LeAve The IRRatIONAle TERmS