Ada istilah "bottleneck" atau "leher botol", dimana air dalam botol tidak
bisa mengalir deras kalau lehernya lebih kecil dibandingkan badan botol.

Dalam kasus ini, jika benar yang digunakan adalah HDD 10GB, maka bottleneck
ada di HDD. Pada saat copy file, maka kemampuan HDD pegang peranan jauh
lebih penting, dibandingkan prosesor.

HDD 10GB yang dia pakai di WinXP, umumnya masih menggunakan cache 256KB atau
512KB, dengan putaran motor dibawah 5400RPM.

HDD 80GB yang dia pakai di Win2K, cachenya sudah 2MB atau 4MB, dengan
putaran motor 7200RPM.

Dari spek diatas sebenarnya sudah kelihatan bahwa WinXP aksesnya akan lebih
lambat dibandingkan Win2K.

Itu sebabnya dia tulis, copy file 10MB yang lambat itu ada di mesin WinXP,
bukan di Win2K.

Selain itu, sebenarnya ada hal lain yang yang menyebabkan akses HDD lambat,
yaitu chipset mainboard. Saya pernah lakukan benchmark sederhana 10
mainboard dengan chipset Intel, VIA dan SiS. Ternyata untuk chipset SiS,
transfer data dari DVD ke HDD akan lebih lambat hingga 300%, dibandingkan
chipset Intel dan VIA. Hasil benchmark ini cukup konsisten di mainboard AMD
Socket A, Intel Socket 478 dan Intel Pentium 3. Saya belum coba di mainboard
terkini, tapi untuk saya pribadi, saya tidak mau lagi beli mainboard dengan
chipset SiS.

Salam
Albert