Dear IT-ers..
saya newbie.. mo tanya design network yang pas buat perusahaan saya.
Kondisi sekarang ini adalah sebagai berikut :
- Jumlah komputer client sekitar 60
- OS cleint adalah Ms. Windows 98, XP Pro, XP Home, 2000 Pro
- Server = 3 (database : absen, finance, marketing dan produksi system) /
os= win 2003 std server & win 2000 server
- Semua terhubung dengan switch dg topologi star
- Masih menggunakan workgroup
- Network IP adalah 10.153.0.0 netmask 255.255.0.0
- Sambungan internet memakai ADSL dengan modem router dengan ip
192.168.100.253
- Output modem/router (RJ45) ke Netscreen dg ip 10.153.0.254 (dan juga
sebagai gateway oleh PC)
- Server antivirus ada di salah satu server database.

Kondisi yang kami inginkan adalah :
- Kemanan data tiap client dapat lebih optimal (hanya user tertentu yang
di-authorize yang bisa akses file) karena masih menggunakan folder sharing.
saya ingin memindahkan semua file sharing ke satu server.
- Saya ingin ada firewall. ditempatkan dimanakah idealnya? didepan
modem/router atau di belakang modem/router. adakah rekomendasi firewall tsb
- Saya ingin ada file server, spesifikasi server yang ekonomis tapi pantas
untuk berfungsi sebagai file server, konfigurasi hardisknya bagaimana ?
pakai Raid berapa?
- Sementara pertanyaan saya itu dulu, karena sudah terlalu banyak
pertanyaan. sebenarnya masih banyak hal yang masih belum mengerti dan perlu
dipertanyakan. saya sudah coba baca buku-buku referensi.