Lihat buku manual Mobonya ...
Beberapa mobo sekarang memerlukan Powersupply yang spesifik misalnya butuh
power supply yg bisa supply 15A di 12V nya... Perhatikan spec yang sama
ketika membeli PS

konyolnya ada toko (bahkan yang terkenal di glodok) tidak memperhatikan
spesifikasi tersebut (terutama mereka yang biasanya hanya test sampe
BIOS/DOS - nyala langsung bungkus)

saya pernah lihat mobo yang butuh spec seperti di atas namun di pasangkan
dengan PS yang hanya support
14A di 12V,  alhasil setelah nyala beberapa menit komputer langsung
hang/restart.

konyolnya teknisi yang merakit PC tersebut ngotot kalo mobonya yang error
karena Powesupplynya sudah di ganti
berkali2       (...tapi saya lihat dengan merk dan spec yang sama!  )

dia bilang "saya udah pasang ratusan, semuanya jalan....!!"

mungkin bener juga sih tapi bisa juga karena pengaruh kecepatan processornya
yang dipasang mentok ke batas Mobo
3Ghz (bukan overClk) jadi konsumsi dayanya lebih, sedangkan si Teknisi
biasanya pake 2.53/2.8Ghz.

Ada kemungkinan juga sering restart karena voltase turun,

check dengan volt meter,

saya pernah pasang komputer di kompleks Natio di dekat pondok gede,
komputer tersebut tidak nyala sama sekali padahal sebelumnya baik2 saja,
kemudian tiba2 nyala tapi sering ngehang,

Curiga sama tegangan listrik ...sy periksa listriknya (dari output
stabilizer) berubah2 antara 180-240V  (!!)
dan sebelum stabilizer (170-200V) !! Malam hari bisa 160V !! TV saja ngga
nyala !!

sy pikir kesalahan jaringan listrik di rumah, tapi ternyata tetangga2 juga
mengalami hal yang sama
(aneh koq pada nggak protes??!! padahalkan mereka bayar listrik sama
mahalnya sama yang lain ??!)

saya coba ganti stabilizer lama dari komputer sebelumnya dengan yg baru,

walaupun bisa jalan komputernya  namun stabilizer tersebut sedikit lambat
dalam merespon kenaikan tegangan, setelah input anjlok selalu di ikuti
dengan tegangan output naik sampe tegangan 248V ato lebih baru bbrp detik
kemudian kembali normal

karena takut berpengaruh negatif terhadap kompie tsb, saya merekam hasil
bacaan Volt meter dengan video kamera ponsel ketika tegangan anjlok dan naik
untuk bukti menukar stabilizer.

sempet sulit menukarkan stabilizernya karena ketika di test di toko
listriknya stabil, pelayan di toko ngga bersedia menerima kembali barangnya,
tapi karena saya membawa bukti rekaman dari lokasi akhirnya saya boleh tuker
tambah dgn Stabilizer yang lumayan bagus (harganya ngga bagus) oleh pemilik
toko tersebut

setelah di pasang penggantinya.... komputernya ngga pernah bermasalah
...sampai sekarang belom di panggil lagi =)

(sebaiknya minta garansi sama yang jual stabilizer, dan buat perjanjian kalo
barang nggak bagus bisa balik,
ato paling ngga bisa tuker tambah sama yang lebih bagus )

Sorry kalo kepanjangan,
cuma bagi2 pengalaman

cheers,
Dhias.