Terima Kasih Banyak! ...Pa'Syiwabhairawa & Pa'Albert atas penjelasannya.

----- Original Message ----
From: The_Eye_In_The_Sky <[EMAIL PROTECTED]>
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Sent: Friday, 13 October 2006 9:40:10 AM
Subject: Re: [ITCENTER] Backup

G'Not wrote:

> 1. Tentukan ukuran yg mau dibackup seberapa, apakah ukuran Maxtor tsb cukup?
> ##### Backup tdk terlalu banyak hanya satu server utk satu folder
> sharing saja yg +/- 250 GB.

Ah, berarti ukuran 300GB mencukupi buat anda.

> ##### Sepertinya tdk perlu down karena dilakukan malam hari (saat tdk
> ada aktifitas) & bukan database.

Kalau file system biasa dan I/O quiesced seperti punya anda di malam
hari, tentunya tidak ada masalah.

> #### Mau-nya backup harian (incremental), weekly (normal/full) & overwrite.

Saya sebetulnya tidak pernah memakai Dantz's Retrospect Express secara
serius, tetapi pernah coba main main dengan kakaknya, EMC Insignia
Retrospect 7.x. Buat  saya software itu ya bagus bagus aja. Saya kurang
tahu, versi Express yg dibundle untuk Maxtor ini bisa melakukan
incremental backup atau tidak. Tapi melihat bahwa file server anda bisa
offline di malam hari, tentu saja anda bisa melakukan full backup dengan
tenang bukan? Saya yakin 10 jam di malam hari lebih dari cukup untuk 250GB.

> 4. Tentukan juga kalau ternyata ada kehancuran server, atau kehilangan
> data. Apakah mudah untuk mengcopy balik data di Maxtor tersebut cukup
> mudah, atau bahkan bisa dicopy balik ke server lain?
> ##### Ini yg saya agak ragu...tapi mungkin kalau hanya file2 data saja
> bisa dilakukan.

seingat saya di beberapa review Maxtor dan forum HardwareZone, di WinXP
hard disk ini tidak langsung dikenali, jadi kudu install driver dulu.
Selain itu software bawaannya hanya bisa melakukan file system copy,
jadi tidak melakukan raw imaging. Dengan kata lain, anda tidak bisa
melakukan bare metal recovery. Jadi sebaiknya kalau misalkan server anda
hancur, anda harus tetap siap melakukan re-install server (siap dengan
Windows installer CD dan driver drivernya, atau bikin image pakai
Symantec Ghost), atau punya standby server yg bisa dengan cepat
melakukan recovery dari Maxtor ini.

> 5. Selama melakukan transfer data dari server ke MAxtor, berapa CPU
> resource yg termakan? Kalau tinggi, bisa jadi server deadlock operasinya
> ##### Sepertinya belum sampai sejauh ini.

Karena belum punya ya belum bisa mengukur yah, hehehe. Saran saya karena
Maxtor ini bisa pakai Firewire, pakailah Firewire controller karena
lebih hemat interrupt.

> Nah kira kira begitu pertimbangannya. Karena anda sendiri yg punya DATA,
> dan bukan saya, jadi anda sendiri yg bisa menjawab apakah Maxtor
> tersebut cocok untuk anda atau tidak.
> #### Sebenarnya saya ingin tahu siapa yg sudah pernah coba maxtor ini &
> software bawaannya (retrospect),

Nah kalo ini saya tidak bisa share experience, karena cuman coba coba
punya temen. Tidak pernah betul betul digunakan untuk server.

  jg kalau digunakan aplikasi backup lainya.
> buat saya sendiri, cocok untuk backup laptop saya. Tapi untuk backup ke
> server saya, saya lebih suka pakai file system snapshot dan tape drive.
> #### Boleh sharing sedikit mengenai file system snapshot..

File system snapshot (disebut juga point in time copy) ini prinsipnya
adalah memisahkan file system menjadi dua : main volume dan snapshot
volume.

Pada awalnya anda hanya punya main volume, dimana anda melakukan read
and write ke volume tersebut. Kemudian anda membuat snapshot terhadap
main volume tersebut pada waktu x. Dibuatlah snapshot volume, yg
ukurannya biasanya kecil saja, boleh jadi sekitar 10% dari main volume.
Ketika dibuat, snapshot vol akan melakukan pairing/shadowing main
volume, dimulai dari waktu x tersebut. Setiap proses write yg dilakukan
kepada main vol (berarti perubahan data) pada saat x+1 dan seterusnya,
akan dicatat lokasinya, dan data originalnya akan dicopy-kan ke snapshot
vol tersebut. Jadi main vol akan mengandung data terbaru, sementara
snapshot vol akan mengandung data lama pada saat x. Tentu saja selama
snapshot vol masih melakukan shadowing main vol, ukurannya akan
bertambah terus jika seiring dengan perubahan isi main vol. Pada saat
ini anda kudu memindahkan data secepatnya keluar dari system ini, lalu
melakukan pemutusan pairing antara main vol dengan snapshot vol.

Jadi kalau anda menginginkan data pada saat x, anda tinggal mengcopy
semua isi main volume, dikurangi lokasi data yg berubah, dan ditambahkan
isi snapshot vol. Jadilah anda punya "point in time copy" pada waktu x
dari suatu main volume.

Aplikasi snapshot ini contohnya :
a. Anda punya file system 250GB, tapi hard disk anda 300GB. Dan anda
tahu bahwa setiap hari file yg berubah cuman sekitar 5GB. Dengan cara
ini anda bisa melakukan snapshot daily lebih dari seminggu. Karena
dengan seminggu anda cuman butuh space 250GB + (7 hari * 5GB) = 285GB.
Selama seminggu itu anda bisa kembali ke hari mana saja anda mau, karena
anda punya point in time copy dari suatu hari.
b. Kalau anda melakukan backup database yg sedang running, tentulah
ketiak di-restore databasenya jadi tidak konsisten, karena pastilah ada
ada yang sedang terbuka, dibawah log dan buffernya masih ada di volume
lain atau bahkan masih ada dalam memory. Memang ada beberapa agent
backup yg bisa melakukan partial quiesced database, tapi ini mahal dan
belum tentu sanggup. Jadi cara paling bagus adalah matikan database
dengan shutdown database secara normal, sehingga semua log dan buffer di
flush ke main database volume. Kemudian anda start shapshot, cuman butuh
beberapa detik saja, dan jalankan lagi database anda. Nah sementara
database berjalan lagi dengan sibuk, anda punya point-in-time copy dari
database waktu sedang shutdown, bukan?

Kalau ingin lebih tahu soal snaphost di Windows Server , mungkin ini
bisa jadi bacaan : http://www.devx.com/microsoftISV/Article/15617