A r y a S e t a wrote:

> Pake pop3, tanpa LDAP dll, pure cuma mail server pop3 dan smtp aja, mungkin
> nanti ditambah webmail dan host website (kecil).

Lha situ sudah ngomong webmail, mestinya sudah bicara IMAP dong :D
Atau ada implementasi webmail yg tidak pakai IMAP?

> Rencana pake Qmail klo ndak Postfix.

kalo qmail bisa POP3 saya tahu, tapi POstfix bukannya gak bisa, biasanya
di partner sama Dovecott, atau mungkin saya sudah obsolete :D

BTW, saya baca user anda biasa melakukan kirim terima attachment 7-8 MB,
ini mungkin akan jadi 10MB dalam SMTP transmission.

Check dulu, anda pakai SMTP relay lain sebelum dan sesudah anda, atau
mau melakukan direct connection ke Internet ke SMTP server lawan?
Soalnya banyak SMTP server yg dibatasi cuman bisa handle attachment
5MB-an. Jangan kaget kalo sedang transmission lalu rejected.