** deleted **

kedua, perbedaan yang terjadi (tdk sinkron) karena sebagian anggota
sudah dicabut status moderatednya (jadi bisa langsung mengirim pesan
ke milis tanpa persetujuan moderator) dan sebagian anggota lain (yg
baru bergabung atau anggota lama tdk aktif) statusnya masih moderated
(lewat persetujuan moderator).
** deleted **

=== Saya sangat mengerti dengan "posisi" para moderator, kebetulan saya juga
salah satu moderator milis lain, walaupun anggotanya tidak sebanyak IT
Center dan bukan milis IT. Maka secara keseluruhan saya sangat salut dengan
kinerja para moderator.

Kemarin saya hanya bingung dan kritik sedikit kenapa untuk 3 posting saya
yang dikirim dengan selisih kurang dari 5 menit per posting (dengan e-mail
yang sama) tapi munculnya dengan selisih jam. Misal: posting A1, A2 dan B
dikirim dengan selisih di bawah 1-2 menit. Tapi munculnya adalah posting B
dan A2 lebih kurang 15 menit kemudian, sedang posting A1 baru muncul
beberapa jam kemudian. BTW, tidak masalah juga, sih. Cuma terasa janggal
saja. Tidak lebih.

Untuk penggunaan status moderated atau non-moderated, saya rasa sudah tepat
(saya juga melakukan begitu di milis lain), toh untuk kenyamanan ber-milis
juga. ^_^

Terakhir, untuk saya pribadi *Case Closed*. Terima kasih.

Moderator juga manusia kan? :p