On 11/16/06, Henkie Basuki Djayapranata <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Itulah sebabnya, sekarang saya tidak lagi menggunakan program anti virus.
>  Kenapa ? Karena jumlah virus semakin lama semakin banyak, sehingga kalau
>  menggunakan sistim men download virus definition, prosesnya akan memakan
>  waktu yang lama, karena filenya sudah sangat besar.  Untuk NAV virus
>  definition, sekarang saja sudah lebih dari 12 MB.
>  Kalau menggunakan Live Up date, kelemahannya hanya berlaku untuk komputer
>  itu saja.  Memang bisa di copykan dari foldernya, tetapi merepotkan.

ini sih bukan masalah, ada cara untuk mengatasi hal ini.

- setting cache proxy. dengan cara ini cukup satu komputer yang
melakukan live update yang mengambil langsung dari sumbernya, komputer
lainnya saat melakukan live update akan langsung mengambil file update
dari cache proxy.

- cara saya sendiri mirip, yaitu tentukan satu komputer yang melakukan
live update ke site sumbernya, lalu setiap komputer lainnya mengambil
file update secara terjadwal dan otomatis ke komputer tersebut, jadi
sama sekali tidak ada intervensi manual atau harus dikopikan secara
manual. karena agak paranoid, saya set supaya tiap jam sekali komputer
yang lain untuk melakukan live update, tapi karena otomatis, saya
tidak direpotkan sama sekali.

- menggunakan MMC, microsoft management console, ini untuk melakukan
update secara terpusat.

tentu saja ini hanya bisa dilakukan di tempat yang IT policy-nya
jelas, bukan di tempat yang usernya terbiasa komplain / memusuhi admin
yang melakukan pembatasan akses via firewall.

--
I solemnly swear that I'm up to no good, http://data.startrek.or.id
things left unsaid, http://ryosaeba.wordpress.com