Henkie Basuki Djayapranata wrote:
> Pak Eye,
>
> Apakah dengan menggunakan Norton Ghost ini, tidak membuat lambat pemrosesan
> data ?  Bukankah berarti, setiap kali kita menyimpan file, file yang sama,
> juga di simpan di media lain yang berarti waktu penyimpanan dua kali, yaitu,
> sekali di drive yang kita minta dan kemudian menyimpan lagi di "drive" nya
> Norton Ghost ?
> Atau program ini arahnya hanya untuk menyelamatkan data dan mempersingkat
> waktu pen restore an ?

Yang dibuat imagenya adalah drive C saja pak, drive program anda. Jadi
OS, aplication binaries dan setting yg tidak akan dikutak kutik lagi
ditaruh di drive C bukan? Lalu di image. System kena virus atau malware
lain, tinggal hancurkan isi drive C dan restore dari image. Gak perlu
repot repot reinstall lengkap pakai multiple CD source
OS/application/driver. Saya sendiri karena pakia *nix, biasa pakai
metoda ini. Habis test ini itu dan acak acak kernel, mau balikan ke
setup awal, tinggal di-reflash dengan image system disk yg disimpan di
NFS server.

> Apakah sama dengan sistim "Mirror" di hard disk server jaman DOS ?

Bukan, image ini sifatnya statik. Data tetap ada di drive D, dan di
backup menggunakan komputer lain atau ke media lain secara harian. Jadi
kalau drive D kena virus atau malware, paling tidak bisa recover ke data
sehari sebelumnya.