Henkie Basuki Djayapranata wrote:
> Oh begitu yah pak Eye.
>
> Berarti hanya untuk drive C: yang berisi sistim dan program-programnya saja.
>
> Terima kasih atas informasinya.
>
> Apakah sudah pernah mencoba kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan dari
> mem format (eh, memformatnya otomatis atau harus di lakukan melalui Windows
> dulu pak ?) sampai selesai. Memang tergantung dari seberapa banyak program
> yang berada pada drive C:.
Saya kebetulan sudah lama tidak pakai Ghost, terakhir pakai sekitar
1997-1999, sebelum kantor pakai Veritas NetBackup untuk bare metal recovery.
Lama recovery cukup cepat, dia kan cuman boot dari CDROM, aktifkan DOS,
kemudian initiate format di header saja, terus recovery ya sesuai
kecepatan CDROM/DVDROM membaca keseluruhan data. Kelemahan Ghost jaman
dulu karena OS loader adalah DOS, otomatis tidak compatible dengan Long
File Name, walau seingat saya Ghost 2000 punya kemampuan LFN. Tapi tetap
tidak bisa recovery NTFS. Entah produk baru bagaimana. Saya lihat di
homepagenya nampaknya bisa. Dengan harga US$70 bisa dipertimbangkan :D

Sedangkan kalau di Acer e-Recovery, di bagaian awal hard disk ada hidden
partition 30MB yang isinya minimum Win XP OS. Tujuannya biar ada Win XP
yang booting dan melakukan recovery dari DVD yg kita burn. Jadi WIn XP
melakukan recovery ke Win XP instalasi kita. Kecepatan ya sesuai
pembacaan DVDROM.

Kalau NEC, dia rada lucu. Pertama boot dari CD, doi install Win ME dulu
ke dalam hard disk, setelah selesai, Win ME ini melakukan recovery
image  Win XP ke hard disk.