Yanu Triana Putra wrote:
> Saya setuju dengan tulisan anda "Lah kalo emang mo maju, langsung jalan aja
> sendiri". Tapi ini untuk kepentingan bersama untuk suatu tujuan yang mungkin
> akan berkembang lebih baik.
Saya sendiri merasa diri cukup "cerewet" di mailing list, jadi tidaklah
menjadi suatu kesombongan kalau merasa diri ikut aktif dalam diskusi.
Tapi kalau untuk gathering dan sebagainya, belum tentu saya tertarik,
karene kepentingannya berbeda.
Jadi mungkin kalau anda memang berminat untuk membuat aktivitas di Real
Life (tm) demi memajukan diri, silahkan lho, tapi saya rasa gak perlu
kudu cari restu list owner, moderator atau siapapun. Gunakan atau
anggaplah mailing list itu seperti billboard, jadikan tempat menyebar
undangan untuk mencari teman yang sependapat atau setujuan yang sama,
tapi tidak perlu untuk perlu mencari bawa bawa nama mailing list atau
mengharuskan list owner atau moderator untuk terlibat di dalamnya. Just
find the mates, make the plan, and execute.

Ada konsep "bird of feathers flock together", dan ini sudah terbukti.
Saya ikutan gathering dari mailing list lain, karena kecocokan atas ide
dan pemikiran serta objective dari gathering itu sendiri.