On 12/12/06, Surya Handoko (Telkomnet) <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Rekan2 IT-ers,
>
> Mohon pencerahannya nih, ada yang tau gak software untuk nge-remote
> komputer via internet?
> Jadi kita bisa nge-remote komputer yang lokasinya berjauhan dan tidak
> perlu melakukan sambungan langsung, seperti pada PCAnywhere.
> Soalnya kalo dial-up kayak gitu lumayan mahal untuk nge-remote komputer
> yang diluar kota. (mesti interlokal)
> Kalo bisa via internet kan bisa lebih murah.

Seinget saya sudah pernah dibahas? tapi lupa kapan?

Softwarenya ada beberapa yang saya pernah pakai:

   1. Radmin
   2. Remote Anything
   3. PCAnywhere
   4. Netsupport
   5. VNC

Intinya adalah: anda harus tau ip komputer yang akan di remote. Ok
katakanlah anda menggunakan internet ADSL atau internet kabel untuk target
pc nya (komputer yang akan diremote) berarti anda akan dapat ip dinamis.
Untuk selalu dapat mentracking ip addressnya bisa dilakukan dengan
menggunakan:

   1. DynDNS.com; ntar anda akan dapat subdomain yang ip nya dinamis
   mengikuti ip pc target remote anda.
   2. pake mIRC; Caranya... komputer yang akan diremote bikin channel
   trus nongrong aja disitu dengan nick yang anda tentukan, kemudian setiap
   anda akan remote join ke channel tsb. trus kasih commad /whois <nick> ntar
   keluar ip addressnya langsung tembak...
   3. Ambil hosting di www.indoglobal.com (gw bukan marketing indoglobal
   lho) disitu ada fasilitas dynamic dns via pop3.

Catatan:

   - Pc yang diremote harus konek langsung ke ip public. Jadi kalo pc
   anda koneknya pake StarOne atau Mobile-8 urusannya jadi beda.
   - Seandainya PC yang diremote anda dibelakang firewall urusanya juga
   beda... harus ada fasilitas 'port forwarding' di firewallnya.

thx b4,

> Surya

...del...

--