Saya coba kasih masukan ya Pak.
Untuk kasus Mail server, masukan ada di bawah topik yang bapak tanyakan.

  ----- Original Message -----
  From: Denis Arifin
  To: ITCENTER@yahoogroups.com
  Sent: Thursday, December 14, 2006 6:49 AM
  Subject: [ITCENTER] Mau minta saran....

  Rekan semuanya... saya mau nanya dong... mohon maaf kalo sudah pernah
  dibahas...

  Saya ingin implement sebuah proxy server dan mail server. cuma lagi bingung
  nih, karena terus terang, tidak ingin ngutak ngatik lagi kedua server ini
  untuk seterusnya...

  Kegunaan dari proxy server ini nantinya adalah sebagai pembatas antara user
  yang berhak untuk akses internet dan user yang tidak berhak untuk akses
  internet. sekarang ini, saya menggunakan kerio yang notabene memang tidak
  license. awalnya sih ok, namun, banyak user yang sering liat komputer user
  yang berhak dan melihat settingan gateway, jadi mereka bisa ganti dan
  akhirnya bisa internet.

  nah, inti dari proxy server ini adalah harus bisa blok user yang memang
  bener bener tidak dapat akses untuk akses internet. pengennya sih blok dari
  IP / dari MAC Addressnya..

  awalnya pengen coba menggunakan ipcop, namun ada keganjalan lagi dihati...

  denger denger katanya klik bca bisnis tidak bisa digunakan jika lewat proxy
  server, apakah hal ini benar? kalo benar, bagaimana seharusnya topologi
  proxy server ini saya terapkan? karena diantara user user yang boleh akses
  internet, ada beberapa user yang menggunakan klik bca bisnis... ini
  bagaimana mengatasinya??

  selain dari itu, proxy server tersebut harus mampu memberikan perincian
  misal pada jam sekian, user A kunjungi situs B, dan lain lainnya..

  nah, dari keluh kesah mengenai proxy server, ada yang bisa bantu bagaimana
  solusinya? dan software apa yg bisa dihandalkan dalam menjalankan proxy
  server ? (kayanya kalo squid, lom mahir, soalnya baca tutorialnya, udah
  klenger duluannn :p)

  yang kedua adalah mengenai Mail server..

  selama ini, kami mendownload email langsung dari provider kami.. keinginan
  saya adalah email tersebut masuk dulu ke dalam mail server kami, kemudian
  baru nanti di distribusikan ke user masing masing.. bagaimana caranya?

  yang kedua, bagaimana caranya agar satu email bisa berkomunikasi 2 arah
  (dalam arti, bisa komunikasi internal dan komunikasi keluar). misal email
  [EMAIL PROTECTED] bisa berkomunikasi dengan [EMAIL PROTECTED] dan juga
  berkomunikasi dengan [EMAIL PROTECTED] padahal email
  [EMAIL PROTECTED] hanyalah email internal kami?

  Jawab :

  A. Download E_mail

  1. Sediakan 1 komputer, install dengan program mailserver
  2. Di Router / Proxy arahkan ke IP dan Port dimana Mailserver di install.
  3. Di sisi ISP tinggal arahkan ke router bapak. ( jadi mereka hanya
melewatkan saja )
  Nah baru dari mailserver di distribusikan ke masing-masing user.
  Di kantor saya seperti ini pak.

  B. Komunikasi E_mail 2 arah
  E_mail [EMAIL PROTECTED] email internal atau eksternal ya ?
  Kalau email eksternal tidak masalah pak.

  Semoga membantu

  mohon diberi bantuan, program apa yg harus kami gunakan? terima kasih...

  Denis Arifin