A r y a S e t a wrote:
> Dear All,
>
> Mau mohon saran kira2 spek komputer rakitan seperti apa yg "layak" untuk
> Mail Server, baik Merk masing2 Hardware, maupun type dan kapasitasnya,
> soalnya klo beli branded kok Mahal banget :(

Halah, udah nanya nanya dari November lalu belum kebeli juga :P
> Spek "kira2" nya sih, HD 80GB, Nggak usah pake RAID, memory 1 GB, Gigabit
> eth, Power supply enlight. Dan yg "paling penting" compatible dengan Linux
> CentOS / Fedora.

Jangan pakai Fedora kalo buat server. Pakailah CentOS. Fedora Legacy
project, yg memaintain release release tua dari Fedora baru saja
mengibarkan bendera putih dan bubar. Pakai Fedora buat desktop yg tidak
keberatan re-install atau update 2-3 minggu sekali.

> Btw, adakah linux yg support core duo? Dual core? (atau malah dah support
> dari dulu?, hehehehe)

Kalau untuk multicore system, sejak adanya SMP kernel sudah bisa. Fedora
Core dan CentOS 3.x maupun 4.x sudah support

> Hanya digunakan untuk Mail server dan Hosting Web Office (static HTML)
> Sekalian kira2 harga nya brp? Klo perlu contact person yg jual :)

Ini saran gue, no offence yah, tapi kayaknya hardware bukan strong point
dari capability anda. Lalu 300 orang di kantor anda bergantung kepada
keputusan pilihan anda. Seandainya nanti anda memutuskan pakai rakitan,
pilih pilih spec sendiri, lalu tiba  tiba mesinnya rusak. Apakah anda
sanggup melakukan troubleshooting sendiri, punya komponen buat ngetest
sendiri, atau mau menerima kudu bawa mesin ke Mangga Dua, macet, dan
kemungkinan spare part sudah gak ada karena sudah ada model baru dan
dilayani teknisi kelas amatir?

Jadi dalam memilih barang, jangan hanya terpaku pada price list harga
barang, juga kudu anda pikirkan maintenance cost dan availability
risk-nya. Computer server branded itu mahal karena compatibility sudah
di-test, dijamin spare part ada paling tidak 5 tahun sampai EOSL, lalu
tersedianya knowledge base untuk troubleshooting. Dan jika anda bukan
hardware expert, there is somebody on your back to turn to, or to be
blamed to, in case those 300 users want to kill you =D